PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUIMODEL MAKE A MATCH PADA MATERI BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV SEMESTER 2 DI SD 4 DERSALAM KUDUS

ARIYANI SETYANINGRUM, LINDA (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUIMODEL MAKE A MATCH PADA MATERI BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV SEMESTER 2 DI SD 4 DERSALAM KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1215Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (954Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (1021Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (263Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (739Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (195Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (102Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (193Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (5Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnyahasilbelajar siswa padamatapelajaranmatematikakelas IV SD4DersalamBaeKudus. Ini disebabkanguru masih menggunakan model pembelajaran langsungdan belum pernah mengajak siswa belajar mencari pasangan bersama teman-temannya dengan menggunakan kartu soal dan kartu jawaban.Tujuandaripenelitianiniyaitudengan menggunakan model Make a Matchdapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, keterampilan gurudalammengelola pembelajaran, dan hasilbelajarsiswa kelas IV padamateribilanganbulat. Make a Matchmerupakan merupakan model pembelajaran yang mengajak siswa untuk belajar secara berkelompok dengan cara berpasang-pasangan dengan temannya sendiridan masing-masing siswa mendapatkan satu buah kartu yang berisi kartu soal ataupun kartu jawaban. Hipotesis penelitian ini yaitudenganditerapkannya model pembelajaranMake a MatchterjadipeningkatanhasilbelajarsiswapadapembelajaranmatematikamateribilanganbulatpadasiswakelasIV SD 4 Dersalam. PenelitianTindakanKelasinidilaksanakanpadasiswakelasIV SD 4 Dersalamtahunpelajaran 2013/2014 yangberjumlah 19 orang, terdiridari 13siswalaki-lakidan6siswaperempuan. Variabelpenelitianadalah model Make a Matchdanhasilbelajarmatematikasiswapadamateribilanganbulat. Penelitianinidilaksanakandalam 2 siklus, masing-masingterdiridari 2 pertemuan, setiappertemuanmelalui 4 tahapanyaituperencanaan, pelaksanaan, observasidanrefleksi. Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahtes, observasi, wawancara,dandokumentasi. Hasilpenelitianterbuktimenunjukkanadanyapeningkatan yang signifikanyaituaktivitasbelajarsiswasiklus I memperolehskor rata-rata 65,1 (baik) danmeningkat di siklus II menjadi 73 (sangatbaik). Keterampilan guru dalammengelolapembelajaransiklus I memperolehskor rata-rata 46 danmeningkat di siklus II menjadi 58,5 (sangatbaik). Hasilbelajarsiswapadamateribilanganbulatsiklus I denganjumlahsiswatuntassebanyak 13 (68%)meningkat di siklus IImenjadi 17 siswa (89,5%) dari 19 siswa(sangattinggi). Kesimpulandalampenelitianiniyaitupenerapan model Make a Matchdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadapembelajaranmatematikamateribilanganbulatkelas IV SD 4 Dersalam. Saran dalampenelitianiniyaitusiswahendaknyamengikutipembelajarandenganbaikdanlebihaktif, agar hasilbelajarmeningkat, guru hendaknyamenerapkan model Make a Matchpadapembelajaranmatematikaataupun model pembelajaran lain yang lebihkreatif, sekolahdapatmemotivasi guru untukmelakukanperbaikanpendidikandanpengajaran, peneliti lain dapatmeningkatkanpelaksanaanpembelajarandenganlebihmaksimal.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Uncontrolled Keywords: HasilBelajar, Matematika,Make a Match, BilanganBulat
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
                    Tanggal Deposit: 30 Sep 2014 11:09
                    Last Modified: 02 Oct 2014 12:02
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3305

                    Actions (login required)

                    View Item