ARIYANI SETYANINGRUM, LINDA (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUIMODEL MAKE A MATCH PADA MATERI BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV SEMESTER 2 DI SD 4 DERSALAM KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (977kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (269kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (757kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (199kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (104kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (198kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_SKRIPSI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnyahasilbelajar siswa padamatapelajaranmatematikakelas IV SD4DersalamBaeKudus. Ini disebabkanguru masih menggunakan model pembelajaran langsungdan belum pernah mengajak siswa belajar mencari pasangan bersama teman-temannya dengan menggunakan kartu soal dan kartu jawaban.Tujuandaripenelitianiniyaitudengan menggunakan model Make a Matchdapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, keterampilan gurudalammengelola pembelajaran, dan hasilbelajarsiswa kelas IV padamateribilanganbulat. Make a Matchmerupakan merupakan model pembelajaran yang mengajak siswa untuk belajar secara berkelompok dengan cara berpasang-pasangan dengan temannya sendiridan masing-masing siswa mendapatkan satu buah kartu yang berisi kartu soal ataupun kartu jawaban. Hipotesis penelitian ini yaitudenganditerapkannya model pembelajaranMake a MatchterjadipeningkatanhasilbelajarsiswapadapembelajaranmatematikamateribilanganbulatpadasiswakelasIV SD 4 Dersalam. PenelitianTindakanKelasinidilaksanakanpadasiswakelasIV SD 4 Dersalamtahunpelajaran 2013/2014 yangberjumlah 19 orang, terdiridari 13siswalaki-lakidan6siswaperempuan. Variabelpenelitianadalah model Make a Matchdanhasilbelajarmatematikasiswapadamateribilanganbulat. Penelitianinidilaksanakandalam 2 siklus, masing-masingterdiridari 2 pertemuan, setiappertemuanmelalui 4 tahapanyaituperencanaan, pelaksanaan, observasidanrefleksi. Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahtes, observasi, wawancara,dandokumentasi. Hasilpenelitianterbuktimenunjukkanadanyapeningkatan yang signifikanyaituaktivitasbelajarsiswasiklus I memperolehskor rata-rata 65,1 (baik) danmeningkat di siklus II menjadi 73 (sangatbaik). Keterampilan guru dalammengelolapembelajaransiklus I memperolehskor rata-rata 46 danmeningkat di siklus II menjadi 58,5 (sangatbaik). Hasilbelajarsiswapadamateribilanganbulatsiklus I denganjumlahsiswatuntassebanyak 13 (68%)meningkat di siklus IImenjadi 17 siswa (89,5%) dari 19 siswa(sangattinggi). Kesimpulandalampenelitianiniyaitupenerapan model Make a Matchdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadapembelajaranmatematikamateribilanganbulatkelas IV SD 4 Dersalam. Saran dalampenelitianiniyaitusiswahendaknyamengikutipembelajarandenganbaikdanlebihaktif, agar hasilbelajarmeningkat, guru hendaknyamenerapkan model Make a Matchpadapembelajaranmatematikaataupun model pembelajaran lain yang lebihkreatif, sekolahdapatmemotivasi guru untukmelakukanperbaikanpendidikandanpengajaran, peneliti lain dapatmeningkatkanpelaksanaanpembelajarandenganlebihmaksimal.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Kata Kunci: | HasilBelajar, Matematika,Make a Match, BilanganBulat |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with username librarianumk1 |
Date Deposited: | 30 Sep 2014 04:09 |
Last Modified: | 02 Oct 2014 05:02 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3305 |
Actions (login required)
View Item |