LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MANAJEMEN WAKTU KELAS X UNGGULAN 2 MA NU BANAT KUDUS

FADHILAH, ARINI (2014) LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MANAJEMEN WAKTU KELAS X UNGGULAN 2 MA NU BANAT KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (467Kb)
    [img] PDF ( Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (258Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (473Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (692Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1161Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (354Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (228Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (244Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Download (3068Kb)

                    Abstrak

                    Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan di MA NU Banat Kudus yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dengan konselor dan wali kelas bahwa kemampuan manajemen waktu peserta didik masih tergolong rendah ditandai dengan banyak peserta didik yang tidak disiplin dengan tugas, sering terlambat saat pengumpulan tugas, dan mengikuti pembelajaran di kelas sambil mengerjakan tugas mata pelajaran lain. Bertolak dari masalah tersebut maka peneliti mengambil masalah tentang meningkatkan kemampuan manajemen waktu peserta didik kelas X Unggulan 2 MA NU Banat Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Rumusan masalah: 1) Bagaimana deskripsi kemampuan manajemen waktu pada peserta didik kelas X Unggulan 2 MA NU Banat Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014 sebelum dan sesudah diberi layanan konseling konseling kelompok dengan teknik token economy?, 2) Apakah layanan konseling kelompok dengan teknik token economy dapat meningkatkan kemampuan manajemen waktu pada peserta didik kelas X Unggulan 2 MA NU Banat Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014?. Tujuan penelitian: 1) untuk mendeskripsikan kemampuan manajemen waktu pada peserta didik kelas X Unggulan 2 MA NU Banat Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014 sebelum dan sesudah diberi layanan konseling konseling kelompok dengan teknik token economy, 2) untuk meningkatkan kemampuan manajemen waktu melalui layanan konseling kelompok dengan teknik token economy pada peserta didik kelas X Unggulan 2 MA NU Banat Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Teori yang digunakan dalam penelitian ini mencakup teori layanan konseling kelompok dengan teknik token economy dan teori kemampuan manajemen waktu. Konseling kelompok dengan teknik token economy adalah suatu layanan dalam bimbingan konseling yang memanfaatkan dinamika kelompok dalam upaya memecahkan permasalahan dan membahas permasalahan yang sedang dialami saat ini dengan menggunakan teknik token economy yakni pemberian suatu tanda (token) setiap kali tingkah laku dikehendaki muncul. Tanda (token) yang telah diberikan dapat ditukar dengan barang atau hak istimewa yang telah disepakati. Kemampuan manajemen waktu adalah kapasitas seseorang dalam usaha pemanfaatan, perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengawasan dalam menggunakan waktu yang dimiliki agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ““Melalui Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Token Economy dapat Meningkatkan Kemampuan Manajemen Waktu pada Peserta didik Kelas X Unggulan 2 MA NU Banat Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014”. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah sepuluh peserta didik peserta didik kelas X Unggulan 2 MA NU Banat Kudus. Variabel penelitian: layanan konseling kelompok dengan teknik token economy (variabel bebas) dan kemampuan manajemen waktu (variabel terikat). Metode pengumpulan data dengan metode observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif komparatif. Rancangan penelitian dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan disimpulkan bahwa hasil observasi terhadap sepuluh peserta didik pada tahap pra penelitian diperoleh rata-rata persentase 33% tergolong kategori sangat kurang. Rendahnya kemampuan manajemen waktu peserta didik disebabkan kurangnya kesadaran akan pentingnya manajemen waktu. Setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik token economy pada tiga kali pertemuan siklus I diperoleh rata-rata persentase dari ketiga pertemuan adalah 62,2% tergolong kategori cukup. Terjadi peningkatan 19,2% dari pra penelitian. Dikarenakan peserta didik sudah mampu memanajemen waktunya, walau belum keseluruhan. Kemudian pada siklus II diperoleh rata-rata persentase 82,8% tergolong kategori baik. Terjadi peningkatan 20,6% dari siklus I. Indikator keberhasilan yang digunakan dalam penelitian ini adalah para peserta didik yang menjadi subjek penelitian mencapai minimal 70% menunjukkan peningkatan dalam kemampuan manajemen waktu. Kesimpulan dan kegunaan dari penelitian ini ditujukan kepada: 1) Bagi kepala sekolah membuat kebijakan untuk meningkatkan kemampuan perkembangan peserta didik di madrasah khususnya dalam hal manajemen waktu, 2) Bagi konselor sekolah untuk memaksimalkan dalam penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling khususnya konseling kelompok untuk memaksimalkan perkembangan peserta didik khususnya dalam manajemen waktu, 3) Bagi peserta didik dapat memanfaatkan hasil yang diperoleh dari layanan bimbingan dan konseling dengan teknik token economy, 4) Bagi orang tua dapat memberikan pola asuh yang mampu meningkatkan perkembangan potensi anak-anaknya khususnya kemampauan manajemen waktu, dan 5) Bagi peneliti mampu menyalurkan pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh selama melakukan penelitian.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Uncontrolled Keywords: konseling kelompok, token economy, manajemen waktu.
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
                    Tanggal Deposit: 19 Nov 2014 10:58
                    Last Modified: 19 Nov 2014 10:58
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3624

                    Actions (login required)

                    View Item