PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA SISWA KELAS IV SDN 2 DEMAAN KUDUS

-, KUSAENI (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA SISWA KELAS IV SDN 2 DEMAAN KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (320Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (169Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (258Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (187Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (299Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (32Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (23Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (153Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Download (7Mb)

                    Abstrak

                    Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika materi jaring-jaring kubus dan balok Pada Siswa Kelas IV SD 2 Demaan Kudus?”. Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika materi jaring-jaring kubus dan balok Pada Siswa Kelas IV SD 2 Demaan Kudus. Hasil belajar matematika merupakan hasil yang dicapai siswa sebagai bukti keberhasilan proses pembelajaran dalam bidang pengetahuan, ketrampilan, sikap dan nilai pada pembelajaran matematika. Pendekatan Matematika Realistik (PMR) memberikan pengertian yang jelas dan operasional kepada siswa tentang keterkaitan antara matematika dengan kehidupan sehari-hari (kehidupan di dunia nyata) dan tentang kegunaan matematika pada umumnya bagi manusia sehingga siswa lebih mudah memahami konsep matematika. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di SDN 2 Demaan Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas IV SDN 2 Demaan Kudus yang berjumlah 49 siswa yang terdiri 24 putra dan 25 putri. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model PTK menurut Kemmis & Mc. Taggart. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu test dan non-test. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dokumentasi foto dan tes. Analisis data yang digunakan ialah data kuantitatif yang berbentuk angka-angka dan data kualitatif yang dinyatakan dalam kata-kata atau simbol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar pra siklus 66,63, dan ketuntasan klasikal 59%. Rata-rata Siklus I 71,22 dengan ketuntasan klasikal 76%, aktivitas belajar siswa dengan skor rata-rata 2,63 kriteria baik dan prosentase keterampilan guru skor rata-rata 2,15 dengan kriteria cukup baik. Pada Siklus II rata-rata 75 dengan ketuntasan klasikal 83,67%, aktivitas belajar siswa dengan skor rata-rata 3,04 kriteria baik dan prosentase keterampilan guru skor rata-rata 2,87dengan kriteria baik. Simpulan penelitian ini ialah hasil belajar matematika dengan menggunakan Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada siswa kelas IV SDN 2 Demaan Kudus mengalami peningkatan. Berpijak dari penelitian ini, peneliti menyarankan dalam pembelajaran guru harusnya menuntun siswa pada saat penemuan pola jaring-jaring kubus dan balok. Guru hendaknya membimbing siswa dalam pemotongan pola media dadu dan kotak makanan sehingga siswa menemukan lebih banyak pola jaring-jaring kubus dan balok yang bervariatif. Siswa hendaknya lebih berani dalam bereksplorasi dalam penemuan pola jaring-jaring kubus dan balok. Penelitian ini diharapkan mampu menambah informasi bagi peneliti yang lain dalam melakukan penelitian tindakan kelas dan menambah wawasan dalam pembelajaran

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR).
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
                    Tanggal Deposit: 19 Nov 2014 11:22
                    Last Modified: 19 Nov 2014 11:22
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3626

                    Actions (login required)

                    View Item