PENERAPAN RATIONAL EMOTIVE THERAPY DENGAN TEKNIK SOSIAL-MODELINGDALAM MENGATASI PERCAYA DIRI RENDAH UNTUKMEMBENTUK PRIBADI BERKARAKTER SISWA X-SOS I SMAN 2 KUDUS 2013/2014

IRAWAN, PURNA (2014) PENERAPAN RATIONAL EMOTIVE THERAPY DENGAN TEKNIK SOSIAL-MODELINGDALAM MENGATASI PERCAYA DIRI RENDAH UNTUKMEMBENTUK PRIBADI BERKARAKTER SISWA X-SOS I SMAN 2 KUDUS 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal. Judul) - Accepted Version
Download (520kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (180kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (271kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (254kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (207kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (205kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (112kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar pustaka) - Accepted Version
Download (193kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (Lampiran) - Accepted Version
Download (2MB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitianinidilatarbelakangiolehbanyaknyasiswakelas X-Sos I SMAN 2 Kudus yang memilikipercayadirirendah.Permasalahantersebutdisebabkankarenabanyaksiswa yang mempunyaipolapikiryang irasional.Haltersebutpenelitidapatkanberdasarkanhasilobservasidanwawancaradengan guru kelas X Sosial 1 SMAN 2 Kudus.Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah 1.Bagaimanakah penerapanRETmenggunakantekniksosial-modelingdalammengatasipercayadirirendahuntukmembentukpribadiberkaraktersiswakelasX-Sos I SMAN 2 KudusTahunPelajaran 2014?2.ApakahpenerapanRETmenggunakantekniksosial-modelingefektifdalammengatasipercayadirirendahuntukmembentukpribadiberkaraktersiswakelasX-Sos I SMAN 2 KudusTahunPelajaran 2014?Tujuan penelitianiniadalah 1.Menemukan faktorpenyebabpercayadirirendahsiswakelas X-Sos I SMAN 2 Kudus tahunpelajaran 2014, 2.Membantu mengatasipercayadirirendahpadasiswakelas X-Sos I SMAN 2 Kudus tahunpelajaran 2014 denganpenerapan RET menggunakantekniksosial-modeling. RETadalah proses konseling yang mengubahpolapikir yang irasionalmenjadirasional. Tekniksosial-modelingadalahpemberiancontoh yang nyatauntukklienmelaluiseorangtokohsebagai model agar klienmampuhidupdalamsuatu model sosial yang diharapkan.Percayadirirendahadalahsuatuperasaantidakyakinakankemampuandirinyasehinggaakanmenghambatlangkahuntukmenjadilebihmaju. Pribadiberkarakterindividu yang memilikinilaikehidupanterpujidalamsetiaptindakannya yang menjadicirikhaspadadirinyasehinggamudahdikenalidancepatuntukberadaptasipadalingkungannya. Penelitianinimerupakanpenelitianstudikasus, yang melalui 5tahapan yaitu diagnosis, prognosis, treatment, evaluasi, dan follow up.Subjekpenelitianadalahsiswakelas X-Sos I SMAN 2 Kudus denganjumlah3 siswa.Penelitiandilaksanakandalam3 kali konselingpadaketigaklien.Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahobservasi, wawancara, dandokumentasi.Teknikanalisis data padapenelitianinimenggunakanteknikanalisis data sistem bacon. Ketigakliendalampenelitianinimempunyaiintipokokpermasalahan yang berbeda-beda, Klienpertamaberinisial AP mengalamipercayadirirendahdalamhaltidakpercayaakankemampuannyasendiri. Penilitimendiaknosisfaktor yang menyebabkanpercayadirirendahpada AP yaituSeringmengalamikegagalan, selalumerasapesimis, penyesalan yang berlarut-larut, takutditertawakantemanapabilamelakukankesalahan, seringmendapatkanejekandariteman, menjadibahantertawaantemandikelas, terpandangtemansebelahmata . Klienkeduaberinisial IRR mengalamipercayadirirendahdalamhaltidakpercayadiridenganpenampilannyasendiri, haltersebutdisebabkanolehkurangbersyukur, inginterlihat yang terbaik, merasadirinyataksebaik orang lain, mudahterpengaruh, pengaruhtayangan TV, pengaruhdariteman yang menyesatkan. Klienketiga yang berinisial RS mengalamipercayadirirendahdalamhaltakutmenjadipusatperhatian orang lain, halitudisebabkanoleh rasa cemas yang berlebihan, tidakmenguasaikeadaan, takutditertawakan, takut yang dilakukannyatidaksesuaiharapan orang lain, merasadirinyatidakpantas, kurangdihargaisaatberpendapat. Dari permasalahantersebutpenelitimenggunakankonseling RET untukmengatasipercayadirirendahdengantekniksosial modeling untukmembentukpribadiberkaraktersehinggatidakmudahterpengaruhdaripemikiran-pemikiranirasional. Kesimpulanpenelitianiniialahpenerapan RET menggunakantekniksosial-modelingdapatmengatasipercayadirirendahdanmembentukpribadiberkarakterpadasiswakelas X-Sos I SMAN 2 Kudus. Hal initerbuktidenganmeningkatnya rasa percayadirikliensetelahmenjalanitiga kali konseling. AP menjadipercayaakankemampuandirinya, IRR bisaberpenampilanapaadanyasesuaidenganjatidirinya, dan RS lebihpercayadiriketikamenjadipusatperhatian.Adapun saran yang diberikanyaituhendaknyasiswalebihmemperluaspergaulannyadanapabilamempunyaisuatupermasalahansegerakonsultasidengan guru BK danbagi guru BK hendaknyamelayanisiswadenganbaikdanmemberikansolusi yang cepatdantepatterhadappermasalahan yang dialamiklien.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Rational Emotive Therapy TeknikSosial-Modeling, PercayaDiriRendahPribadiBerkarakter.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Tanggal Deposit: 17 Dec 2014 05:09
Last Modified: 17 Dec 2014 05:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3743

Actions (login required)

View Item View Item