PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN PKn UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD 1 PRAMBATAN KIDULKUDUS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

FITRIANA, CAHAYA (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN PKn UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD 1 PRAMBATAN KIDULKUDUS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (347Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (94Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (257Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (1776Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1260Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (130Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (77Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (38Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (3894Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    PenelitianinidilatarbelakangiadanyapermasalahanhasilbelajarPKnsiswa yang rendah.Ditandaidenganbanyaknyasiswa (54,55%) tidaktuntasdariKriteriaKetuntasan Minimal (75) yang telahditentukan. Rumusanmasalah: (1)Bagaimanapenerapan model role playing dapatmeningkatkanketerampilan guru di kelas VI SD 1 PrambatanKidul Kudus tahunpelajaran 2013/2014? (2) Bagaimanapenerapan model role playing dapatmeningkatkanaktivitasbelajarPKnsiswakelas VI SD 1 PrambatanKidul Kudus tahunpelajaran 2013/2014? (3)Bagaimanapenerapan model role playing dapatmeningkatkanhasilbelajarPKnsiswakelas VI SD 1 PrambatanKidul Kudus tahunpelajaran 2013/2014?.Tujuan: (1) untukmengetahui peningkatanketerampilan guru di kelas VI SD 1 Prambatan Kidul Kudus tahun pelajaran 2013/2014 melalui penerapan model role playing, (2) untukmengetahui peningkatanaktivitasbelajar PKn siswa kelas VI SD 1 Prambatan Kidul Kudus tahun pelajaran 2013/2014 melalui penerapan model role playing, (3) untukmengetahui peningkatanhasil belajar PKn siswa kelas VI SD 1 Prambatan Kidul Kudus tahun pelajaran 2013/2014 melalui penerapan model role playing. Model pembelajaranrole playing adalah suatu cara penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan siswa.Hipotesistindakannyaadalah (1)penerapan model role playingdapatmeningkatkanketerampilan guru di kelas VI SD 1 PrambatanKidul Kudus TahunPelajaran 2013/2014, (2) penerapan model role playingdapatmeningkatkanaktivitasbelajarPKnsiswakelas VI SD 1 PrambatanKidul Kudus TahunPelajaran 2013/2014, (3) penerapan model role playingdapatmeningkatkanhasilbelajarPKnsiswakelas VI SD 1 PrambatanKidul Kudus TahunPelajaran 2013/2014. Penelitiantindakankelasinidilaksanakandalamduasiklus.Setiapsiklusterdiridariempattahapyaituperencanaan, pelaksanaantindakan, pengamatandanrefleksi.Data diperolehmenggunakanteknikwawancara,tes, observasidandokumentasi. Hasilpenelitianmenunjukkan (1) skor rata-rata keterampilan guru dalampengelolaankegiatanpembelajarandenganmenggunakan model pembelajaranrole playing memperolehskor rata-rata 67,70%dengankategoribaikpadasiklus I danmeningkatmenjadi 86,45%dengankategorisangatbaikpadasiklus II. (2) skor rata-rata aktivitasbelajarsiswaaspekafektif 67,95% dengankategoribaikpadasiklus I danmeningkatmenjadi 89,08% dengankategorisangatbaikpadasiklus II.Skor rata-rata aktivitasbelajarsiswaaspekpsikomotorik 67,32% dengankategoribaikpadasiklus I danmeningkatmenjadi 79,54% dengankategorisangatbaikpadasiklus II.Sehinggaskor rata-rata aktivitasbelajarsiswasecarakeseluruhan 67,63% dengankategoribaikpadasiklus I danmeningkatmenjadi 85% dengankategorisangatbaikpadasiklus II. (3) nilaiteshasilbelajarmencapaikriteriaketuntasan minimal (75) persentaseketuntasanbelajarklasikalpadakondisiawal 54,55% meningkatpadasiklus I menjadi 72,73% dan 90,91% padasiklus II. Dapatdisimpulkanbahwapenerapan model pembelajaranrole playing dapatmeningkatkanketerampilan guru, aktivitasbelajarsiswadanhasilbelajarsiswa.Saran penelitidalammenerapkan model pembelajaranrole playing sebaiknyaguru benar-benarmendalami model yang digunakan, memilih media yang sesuaidanmerencanakankegiatanpembelajarandenganbaik.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar PKn,Role Playing
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 13 Jan 2015 11:29
                    Last Modified: 13 Jan 2015 11:29
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3881

                    Actions (login required)

                    View Item