Peningkatan Hasil Belajar Pada Subtema Jenis-Jenis Pekerjaan Melalui Pendekatan Scientific Berbasis Contextual Teaching And Learningdi Kelas Iv Sd 2 Colo Tahun Pelajaran 2014/2015

BRILINA, GILAR PANDU (2015) Peningkatan Hasil Belajar Pada Subtema Jenis-Jenis Pekerjaan Melalui Pendekatan Scientific Berbasis Contextual Teaching And Learningdi Kelas Iv Sd 2 Colo Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (502Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (213Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (336Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (233Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (2258Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (126Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (105Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (78Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (2576Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Latar belakang yang mendasari dilaksanakannya penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV SD 2 Colo. Hasil belajar peserta didik kelas IV tahun pelajaran 2013/2014 masih dibawah nilai KKM yang ditentukan. Dalam pembelajaran, guru masih berperan sebagai pemberi informasi yang aktif, sedangkan peserta didik lebih banyak pasif.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan scientific berbasis Contextual Teaching and Learning dalam meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran subtema Jenis-jenis Pekerjaan di kelas IV SD 2 Colo, untuk mengetahui apakah melalui penerapan pendekatan scientific berbasis Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran subtema Jenis-jenis Pekerjaan di SD 2 Colo, untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan scientific berbasis Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran subtema Jenis-jenis Pekerjaan di SD 2 Colo. Penelitian ini memiliki dua variabel yaitu hasil belajar dan pendekatan scientific berbasis Contextual Teaching and Learning. Hasil belajar adalah peningkatan keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diterapkan guru. Sedangkan pendekatan scientific berbasis Contextual Teaching and Learningmemiliki langkah-langkah mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan mengkomunikasikan, dengan dipadukan langkah-langkah Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus melalui empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh meliputi data hasil belajar, aktivitas peserta didik, serta keterampilan mengajar guru. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan scientific berbasis Contextual Teaching and Learning meningkatkan hasil belajar subtema Jenis-jenis pekerjaan pada peserta didik kelas IV SD 2 Colo. Hasil belajar peserta didik pada siklus I memiliki rata-rata nilai tes klasikal 65 dengan persentase ketuntasan 50%. Pada siklus II rata-rata nilai tes klasikal meningkat menjadi 98,2dengan persentase ketuntasan 100%. Untuk pengamatan aktivitas peserta didik pada siklus I mencapai persentasekeseluruhan 74,1% dan dikategorikan baik. Pada siklus II persentase keseluruhan meningkat menjadi 80,4%. Keterampilan guru dalam mengajar pada siklus I mencapai persentase keseluruhan 77,5% dengan kategori baik. Pada siklus II, keterampilan guru dalam mengajar meningkat menjadi 90%. Simpulan pada penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan pendekatan scientific berbasis Contextual Teaching and Learningdapat meningkatan hasil belajar peserta didikkelas IV SD 2 Colopadasubtema Jenis-jenis pekerjaan. Penelitian ini diharapkan agar guru atau pun pihak lain yang memiliki permasalahan pada hasil belajar dapat mengimplementasikan pendekatan scientific berbasis Contextual Teaching and Learning.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing :Dr. Sri utaminingsih, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Pendekatan Scientific Berbasis Contextual Teaching And Learning, Hasil Belajar Pada Subtema Jenis-jenis Pekerjaan
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 25 Mar 2015 10:55
                    Last Modified: 25 Mar 2015 10:55
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4363

                    Actions (login required)

                    View Item