Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay (Crh) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Subtema Pahlawanku Kebanggaanku Di Sd 1 Kajeksan

BRILLIANTI, NOVA FARIDA (2015) Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay (Crh) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Subtema Pahlawanku Kebanggaanku Di Sd 1 Kajeksan. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal .Judul) - Accepted Version
Download (747Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (201Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (497Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (654Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (691Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (214Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (117Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (166Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (11Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Proses pembelajaran yang kurang menarik perhatian dari siswa menyebabkan kurangnya minat belajar siswa di kelas. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan yang ditemui di SD 1 Kajeksan Kecamatan Kota Kabupaten Kudus. Hasil belajar siswa pada muatan Matematika dan IPA materi pembulatan serta atribut pengukuran panjang dan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat yang dijumpai pada tema Indahnya Kebersamaan dan Peduli terhadap Makhluk Hidup menunjukkan siswa tuntas 38,9% untuk muatan Matematika dan 44,4% untuk muatan IPA. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk (1) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada subtema pahlawanku kebanggaanku muatan Matematika dan IPA, (2) mengetahui keterampilan guru dalam mengajar pada subtema pahlawanku kebanggaanku muatan Matematika dan IPA. Model Pembelajaran Course Review Horay adalah model pembelajaran yang memusatkan siswa pada pemahaman materi pembelajaran dengan cara yang menyenangkan. Hipotesis penelitian yang diajukan peneliti adalah penerapan model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema Pahlawanku Kebanggaanku muatan Matematika dan IPA dan keterampilan guru mengajar dapat meningkat dengan diterapkannya model pembelajaran Course Review Horay pada subtema Pahlawanku Kebanggaanku muatan Matematika dan IPA di SD 1 Kajeksan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 1 Kajeksan dengan subjek penelitian 18 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Course Review Horay. Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa subtema Pahlawanku Kebanggaanku muatan Matematika dan IPA. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan observasi, wawancara, metode tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, dan tes. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah minimal 70% siswa kelas IV SD 1 Kajeksan mengalami ketuntasan belajar individual sebesar ≥ 2,67 aspek pengetahuan dan keterampilan serta predikat baik untuk aspek sikap serta keterampilan guru dalam mengajar dengan diterapkannya model pembelajaran Course Review Horay pada subtema pahlawanku kebanggaanku muatan Matematika dan IPA di SD 1 Kajeksan minimal mencapai 65% atau kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay pada subtema pahlawanku kebanggaanku muatan Matematika dan IPA yakni (1) aspek sikap pada siklus I modus ada pada predikat cukup, meningkat pada siklus II menjadi baik, (2) aspek pengetahuan pada siklus I rata-rata kelas didapat nilai 2,96 meningkat menjadi 3,15 pada siklus II untuk muatan Matematika (dengan ketuntasan klasikal 72% dan 89%). Sedangkan untuk muatan IPA rata-rata kelas dari 3,00 meningkat menjadi 3, 31 (dengan ketuntasan klasikal 89% dan 94%), (3) aspek keterampilan dari siklus I nilai optimum yang diperoleh siswa 3,20 meningkat menjadi 3,55 pada siklus II, (4) hasil pengelolaan pembelajaran guru pada siklus I mendapat skor rata-rata 80,15% dengan kriteria “baik” meningkat pada siklus II menjadi 90,40% dengan kriteria “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SD 1 Kajeksan dapat meningkat setelah diterapkannya model pembelajaran Course Review Horay pada subtema pahlawanku kebanggaanku muatan Matematika dan IPA. Adapun saran yang diberikan yaitu guru hendaknya menerapkan model pembelajaran Course Review Horay pada kegiatan pembelajaran sehari-hari.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing :Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Course Review Horay, Hasil Belajar Subtema Pahlawanku Kebanggaanku
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 04 Apr 2015 11:55
                    Last Modified: 04 Apr 2015 11:55
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4401

                    Actions (login required)

                    View Item