Implementasi Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Tubuh Manusia Muatan Matematika Dan Ppkn

EVI NURJANAH, EKA (2015) Implementasi Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Tubuh Manusia Muatan Matematika Dan Ppkn. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal.Judul) - Accepted Version
Download (564Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (188Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (417Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (1195Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (2089Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (252Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (113Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (163Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (6Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar siswa dengan mengimplementasikan model pembelajaran quantum teaching pada subtema tubuh manusia muatan matematika dan PPKn. Quantum teaching adalah pengubahan belajar yang meriah dan menyenangkan dengan segala nuansanya. Model pembelajaran quantum teaching memiliki enam langkah pembelajaran yang harus diterapkan yakni TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, Rayakan. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku yang meliputi ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan setelah memperoleh pembelajaran. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah peningkatan keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa sesudah mengimplementasikan model pembelajaran quantum teaching pada subtema tubuh manusia muatan matematika dan PPKn. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di SDN Plosojenar kecamatan Jaekanan kabupaten Pati kelas V semester 2 dengan jumlah siswa 23 anak. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus yang dilaksanakan dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Varibel bebas adalah model pembelajaran quantum teaching. Sedangkan variable terikat adalah hasil belajar siswa. Instrumen penelitian berupa pedoman wawancara, lembar observasi dan soal tes. Hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar siswa berupa pengetahuan, sikap dan keterampilan. Keterampilan mengajar guru siklus I sebesar 77,23 kriteria “baik” dan siklus II menjadi 89,29 kriteria “sangat baik”. Kondsi awal hasil belajar matematika prasiklus (45,16%) siklus I (73,91%) dan siklus II (78,26%). Hasil belajar PPKn prasiklus (45,16%) siklus I (78,26%) dan siklus II (95,65%). Kondsi awal ketuntasan klasikal sikap belajar siswa “cukup” (28,99%), siklus I “baik” (60,87%) dan siklus II “baik” (95,65%). Kondsi awal hasil belajar keterampilan siswa “kurang” (6,52%), siklus I “baik” (56,52%) dan siklus II “baik” (86,96%). Hal itu membuktikan bahwa implementasi model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan guru pada subtema tubuh manusiamuatan matematika dan PPKn. Simpulan dari penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan mengajar guru pada subtema tubuh manusia muatan matematika dan PPKn. Untuk disarankan dalam pengimplementasian model pembelajaran quantum teaching, guru harus melakukan mempersiapkan dengan matang, supaya pelaksanaan model pembelajaran quantum teaching dapat berjalan efektif.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing : Drs.Masturi,MM
                    Uncontrolled Keywords: Quantum Teaching, Hasil Belajar, Subtema Tubuh Manusia.
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 13 Aug 2015 14:48
                    Last Modified: 13 Aug 2015 14:48
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4597

                    Actions (login required)

                    View Item