Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tema Lingkungan Menggunakan Media Benda Konkrit Kelas Ii Sd 3 Bulungcangkring

CAHYA KUSUMA, GITA (2015) Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tema Lingkungan Menggunakan Media Benda Konkrit Kelas Ii Sd 3 Bulungcangkring. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (648Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (66Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (2751Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (779Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (3907Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (95Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (30Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (39Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (8Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Tujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkanhasilbelajarmatematikadanketerampilanmengajar guru melaluipenerapan model Discovery Learningmenggunakan media bendakonkritkelas II SD 3 Bulungcangkring. Penerapan model pembelajaranDiscovery Learning menggunakan media bendakonkrityaitupembelajaran dimanasiswadimintamenemukanbeberapakonsepdanprinsippadasuatupermasalahan.Siswaharusmengarahkanseluruhpikirandanketerampilannyauntuktemuan-temuanmasalahmelalui proses penyidikan. Guru hanyamembimbingdanmemberikaninstruksikepadasiswauntukmencarijawabansetelahitumenyuruhsiswamempresentasikanhasilnya di depankelas. Proses pembelajaranakanlebihbermaknabagisiswasehinggakonsepdasarinitidakcepathilang. Denganmenggunakanbendakonkritkualitaspembelajaransiswaakanmeningkatkarenasiswatidakhanyabelajartapijugamemperolehpengetahuanmelaluiketerampilan. Hipotesistindakanyaituterjadipeningkatanhasilbelajarmatematikadanpeningkatanketerampilanmengajar guru dalampembelajaranmatematika. PenelitiandirancangmenggunakanPenelitianTindakanKelasdalamduasiklus.Subyekpenelitiansiswakelas II SD 3 Bulungcangkringberjumlah 28 siswa.Teknikpengumpulan data menggunakanwawancara, observasi, tesdandokumentasi.Instrumenpenelitianberupapedomanwawancara, lembarobservasi, soaltesdandokumentasi. Teknikanalisis data menggunakananalisis data kuantitatifdankualitatif.Penelitiandianggapberhasiljikanilai rata-rata kognitifsiswapadamateribangundatarsederhanamencapai ≥70 denganpersentaseketuntasanklasikal ≥75%, hasilbelajarranahafektifdanpsikomotorikmencapaikategori minimal baikdanketerampilanmengajar guru meningkatmencapaikategori minimal baik. Hasilpenelitianranahkognitif, kondisiawalketuntasanhasilbelajarsiswa (35,71%), siklus I (64,29%), dansiklus II (89,23%). Hasilbelajarsiswaranahafektifsiklus I (58,14%), siklus II (84,71%). Hasilbelajarsiswaranahpsikomotoriksiklus I (73,13%) siklus II (82,77%). Sedangkanketerampilan guru dalammengajarsiklus I (74,21%), siklus II (87,89%). Simpulanpadapenelitianinimenunjukkanbahwapenerapan model Discovery Learningmenggunakan media bendakonkritdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswaranahkognitifpadapembelajaranMatematikamateribangundatarsederhanakelas

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Drs. Masturi,M.M.
                    Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Media Benda Konkrit, MatematikaBangunDatar
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 09 Sep 2015 12:47
                    Last Modified: 09 Sep 2015 12:47
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4663

                    Actions (login required)

                    View Item