RIKHA ROFIKHATUL ULA, WAHYU (2015) Keefektifan Model Quantum Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Keindahan Alam Negeriku Muatan Ips Dan Bahasa Indonesia. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
1._HAL_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (2MB) |
PDF (Bab 1)
2._BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (137kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
3._BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (269kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
4._BAB_III_NEW.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (357kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
5._BAB_IV_NEW.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
6._BAB_V_NEW.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (111kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
7._BAB_VI_NEW.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (76kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA_NEW.pdf - Accepted Version Download (79kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (16MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini ialah: (1) menemukan keterampilan guru dalam menerapkan model quantum learning pada subtema keindahan alam negeriku muatan IPS dan Bahasa Indonesia, (2) menemukan keefektifan model quantum learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema keindahan alam negeriku muatan IPS dan Bahasa Indonesia. Hasil belajar IPS dan Bahasa Indonesia merupakan perubahan yang mengakibatkan manusia berubah sikap dan tingkah lakunya dalam muatan IPS dan Bahasa Indonesia. Quantum learning adalah model pembelajaran yang menyenangkan serta menyertakan segala dinamika yang menunjang segala keberhasilan pembelajaran itu sendiri dan segala keterkaitan, perbedaan, interaksi serta aspek yang dapat memaksimalkan momentum untuk belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis kualitatif dan kuantitatif. Validitas dan reliabilitas digunakan peneliti untuk menguji kelayakan dari soal tes yang digunakan. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai pada subtema keindahan alam negeriku muatan IPS dan Bahasa Indonesia yang cukup signifikan antara siklus I (60%) dan siklus II (85%) untuk muatan IPS, dan siklus I (65%) menjadi (95%) pada siklus II untuk muatan Bahasa Indonesia. Hal itu didukung dengan peningkatan sikap siswa pada siklus I (56,31%) menjadi (79,61%) pada siklus II, dan keterampilan siswa pada siklus I (60%) menjadi (76%) pada siklus II. Pengelolaan pembelajaran model quantum learning juga mengalami peningkatan pada siklus I (75%) menjadi (85%) pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa keefektifan model quantum learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema keindahan alam negeriku muatan IPS dan Bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 1 Ternadi dapat disimpulkan keefektifan model quantum learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema keindahan alam negeriku muatan
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Drs. Sucipto, M.Pd, Kons |
Kata Kunci: | Model Quantum Learning, hasil belajar, subtema keindahan alam negeriku, IPS dan Bahasa Indonesia. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 10 Sep 2015 02:53 |
Last Modified: | 10 Sep 2015 02:53 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4688 |
Actions (login required)
View Item |