Penerapan Model Numbered Heads Together (Nht) Berbasis Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Kelas V Sd Negeri 03 Ngetuk Nalumsari Jepara

MULYANI, DEWI (2015) Penerapan Model Numbered Heads Together (Nht) Berbasis Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Kelas V Sd Negeri 03 Ngetuk Nalumsari Jepara. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal.judul)
Download (11Mb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (11Mb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (11Mb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (11Mb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (10Mb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (11Mb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (11Mb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                Download (11Mb) | Request a copy
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Download (11Mb)

                    Abstrak

                    Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya pembelajaran yang masih konvensional, guru masih menggunakan metode ceramah sehingga siswa merasa bosan dan malas dalam mengikuti pembelajaran, media pembelajaran kurang menarik dimana guru hanya memakai papan tulis saja. Upaya mengatasi permasalahan ini salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbasis karakter. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1). Mengetahui keterampilan guru dalam penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbasis karakter, (2). Mengetahui peningkatan hasil belajar PKn pada materi Pengambilan Keputusan Bersama di SD Negeri 03 Ngetuk Nalumsari Jepara. Model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) adalah model diskusi kelompok dengan pemberian nomor pada tiap anggota dalam kelompok, yang terdiri dari fase (1): penomoran (Toleransi), fase (2): mengajukan pertanyaan (bertanggung jawab), fase (3): berpikir bersama (toleransi) dan fase (4): menjawab (bersahabat). Dengan materi Pengambilan Keputusan Bersama dengan mata pelajaran PKn. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek peneliti adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 03 Ngetuk Nalumsari Jepara yang dilaksanakan pada bulan tanggal 30 Maret, 04, 06 dan 11 April 2015. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi setiap siklusnya. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa metode wawancara, metode observasi, metode tes dan metode dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, soal tes, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian tindakan kelas ini meliputi keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan persentase siklus I sebesar 64,84% (kualifikasi baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 85,93% (kualifikasi sangat baik). Adapun karakter siswa dalam materi pengambilan keputusan bersama diperoleh 65,31% pada siklus I dengan kualifikasi baik dan meningkat menjadi 84,81% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Sedangkan hasil belajar (ranah kognitif) diperoleh 70% pada siklus I dengan kualifikasi baik dan meningkat menjadi 85% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Hasil pengamatan siswa ranah afektif dan psikomotorik siswa diperoleh 67,28% pada siklus I dengan kualifikasi baik dan meningkat menjadi 85,1% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Numbered Heads Together (NHT) berbasis karakter dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi mengambilan keputusan bersama kelas V SD Negeri 03 Ngetuk Nalumsari Jepara. Adapun saran yang diberikan yaitu siswa dapat lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran serta model Numbered Heads Together (NHT) berbasis karakter dapat dijadikan alternatif solusi bagi guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing : Dr. Sri.Utaminingsih,M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, PKn, Numbered Heads Together (NHT), Karakter.
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 10 Sep 2015 10:59
                    Last Modified: 10 Sep 2015 10:59
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4699

                    Actions (login required)

                    View Item