Penerapan Model Numbered Heads Together (Nht) Berbasis Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Kelas V Sd Negeri 03 Ngetuk Nalumsari Jepara

MULYANI, DEWI (2015) Penerapan Model Numbered Heads Together (Nht) Berbasis Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Kelas V Sd Negeri 03 Ngetuk Nalumsari Jepara. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal.judul]
Preview
PDF (Hal.judul)
hal_judul.pdf

Download (11MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran]
Preview
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version

Download (11MB)
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya pembelajaran yang masih konvensional, guru masih menggunakan metode ceramah sehingga siswa merasa bosan dan malas dalam mengikuti pembelajaran, media pembelajaran kurang menarik dimana guru hanya memakai papan tulis saja. Upaya mengatasi permasalahan ini salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbasis karakter. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1). Mengetahui keterampilan guru dalam penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbasis karakter, (2). Mengetahui peningkatan hasil belajar PKn pada materi Pengambilan Keputusan Bersama di SD Negeri 03 Ngetuk Nalumsari Jepara. Model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) adalah model diskusi kelompok dengan pemberian nomor pada tiap anggota dalam kelompok, yang terdiri dari fase (1): penomoran (Toleransi), fase (2): mengajukan pertanyaan (bertanggung jawab), fase (3): berpikir bersama (toleransi) dan fase (4): menjawab (bersahabat). Dengan materi Pengambilan Keputusan Bersama dengan mata pelajaran PKn. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek peneliti adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 03 Ngetuk Nalumsari Jepara yang dilaksanakan pada bulan tanggal 30 Maret, 04, 06 dan 11 April 2015. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi setiap siklusnya. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa metode wawancara, metode observasi, metode tes dan metode dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, soal tes, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian tindakan kelas ini meliputi keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan persentase siklus I sebesar 64,84% (kualifikasi baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 85,93% (kualifikasi sangat baik). Adapun karakter siswa dalam materi pengambilan keputusan bersama diperoleh 65,31% pada siklus I dengan kualifikasi baik dan meningkat menjadi 84,81% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Sedangkan hasil belajar (ranah kognitif) diperoleh 70% pada siklus I dengan kualifikasi baik dan meningkat menjadi 85% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Hasil pengamatan siswa ranah afektif dan psikomotorik siswa diperoleh 67,28% pada siklus I dengan kualifikasi baik dan meningkat menjadi 85,1% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Numbered Heads Together (NHT) berbasis karakter dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi mengambilan keputusan bersama kelas V SD Negeri 03 Ngetuk Nalumsari Jepara. Adapun saran yang diberikan yaitu siswa dapat lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran serta model Numbered Heads Together (NHT) berbasis karakter dapat dijadikan alternatif solusi bagi guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing : Dr. Sri.Utaminingsih,M.Pd
Kata Kunci: Hasil Belajar, PKn, Numbered Heads Together (NHT), Karakter.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 10 Sep 2015 03:59
Last Modified: 10 Sep 2015 03:59
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4699

Actions (login required)

View Item View Item