Upaya Meningkatkan Kesehatan Mental Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas V SD 01 sembaturagung Jakenan Pati Tahun Pelajaran 2011/2012

Aziiz Mushthofa , Syaifuddin (2012) Upaya Meningkatkan Kesehatan Mental Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas V SD 01 sembaturagung Jakenan Pati Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HAL JUDUL) - Accepted Version
Download (363Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (BAB I) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (118Kb) | Request a copy
      [img] PDF (BAB II) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (161Kb) | Request a copy
        [img] PDF (BAB III) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (294Kb) | Request a copy
          [img] PDF (BAB IV) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (406Kb) | Request a copy
            [img] PDF (BAB V) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (73Kb) | Request a copy
              [img] PDF (BAB VI) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (24Kb) | Request a copy
                [img] PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
                Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                Download (23Kb) | Request a copy
                  [img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (2510Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini dilatar belakangi adanya kesehatan mental siswa kelas V SD 01 Sembaturagung yang rendah. Bahwa di lapangan masih banyak siswa yang sering berbicara kotor, merampas barang milik teman, mengganggu teman yang sedang belajar, adapula yang pendiam, tidak bersemangat, tidak dapat memanfaatkan potensi atau bakat, tidak pernah bertanya dan tidak mau maju untuk tampil dalam setiap kesempatan, timbulnya rasa malu yang berlebihan. Permasalahan yang diteliti : Apakah dengan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kesehatan mental?, dan seberapa besar peningkatan kesehatan mental siswa kelas V SD 01 Sembaturagung Tahun Pelajaran 2011/2012 setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok?. Tujuan dalam penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan kesehatan mental siswa kelas V SD 01 sembaturagung melalui bimbingan kelompok yang pada kondisi awal kurang agar menjadi baik. Adapun kegunaan penelitian ini adalah : 1. Kegunaan teoritis: Memberikan sumbangan bagi ilmu pengetahuan di bidang bimbingan dan konseling, khususnya bagi pengembangan teori bimbingan kelompok. 2. Kegunaan praktis: 1. Bagi Peneliti : Memberikan pengalaman sekaligus mengembangkan pengetahuan bagi peneliti.2. Bagi Konselor Dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi konselor untuk selalu memperhatikan keadaan kliennya yaitu tentang meningkatkan kesehatan mental.3. Bagi Sekolah; Dapat memberikan masukan bagi sekolah dalam usaha meningkatkan kesehatan mental siswa di dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah dan masyarakat. Subyek penelitian adalah 8 siswa yang tingkat kesehatan mentalnya rendah. Variabel penelitian meliputi variable X ( Bimbingan Kelompok ) dan Variabel Y (Kesehatan Mental siswa). Metode pengumpulan data menggunakan Wawancara, observasi, dokumentasi. Indikator Kinerja: 1. Indikator proses yaitu siswa dikatakan berhasil apabila hasil pengamatan dalam kategori baik. 2. Indikator hasil yaitu siswa telah memiliki kesehatan mental apabila hasil pengamatan dan wawancara dalam kriteria baik. Sedangkan analisis data secara deskriptif komparatif yang dilanjutkan refleksi pada tiap siklus. Hasil analisis. Berdasarkan hasil pengamatan terhadap siswa kelas V SD 01 sembaturagung, pada kondisi awal ada 8 siswa yang kesehatan mentalnya dalam kategori sangat kurang dengan prosentase rata-rata 24.4%. Sesudah mendapatkan layanan bimbingan kelompok pada siklus I meningkat dalam kategori kurang dengan prosentase rata-rata 45.3%. Pada siklus II meningkat dalam kategori baik dengan prosentase rata-rata 67.8%. Setelah dilaksanakan bimbingan kelompok pada siklus I terjadi peningkatan sebesar (21.3%). Selanjutnya dilaksanakan perbaikan bimbingan kelompok home room pada siklus II terjadi peningkatan sebesar (43.5%). Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Berdasarkan kesimpulan di atas maka dapat diajukan saran-saran sebagai berikut: 1. Bagi kepala sekolah, untuk mengkoordinasikan kegiatan bimbingan kelompok seperti kegiatan pembelajaran dan latihan sehingga menjadi satu kesatuan yang terpadu, harmonis dan dinamis. 2.Bagi Guru / Wali Kelas, hendaknya memberikan pendampingan dan lebih memperhatikan kesehatan mental siswa, salah satu caranya dengan mengadakan layanan bimbingan kelompok. 3. Bagi siswa yang kesehatan mental rendah diharapkan dapat meningkat.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Dosen Pembimbing I Dra. Sumarwiyah, M.Pd. Dosen Pembimbing II Drs. Sucipto, M.Pd.
                    Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok; Kesehatan Mental.
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
                    Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: Users 1245 tidak ditemukan.
                    Tanggal Deposit: 07 Nov 2012 10:10
                    Last Modified: 07 Nov 2012 10:10
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/480

                    Actions (login required)

                    View Item