Upaya Meningkatkan Kesehatan Mental Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas V SD 01 sembaturagung Jakenan Pati Tahun Pelajaran 2011/2012

Aziiz Mushthofa , Syaifuddin (2012) Upaya Meningkatkan Kesehatan Mental Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas V SD 01 sembaturagung Jakenan Pati Tahun Pelajaran 2011/2012. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
PDF (HAL JUDUL)
Hal.Judul.pdf - Accepted Version

Download (372kB)
[thumbnail of BAB I] PDF (BAB I)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (75kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] PDF (BAB VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi adanya kesehatan mental siswa kelas V SD 01 Sembaturagung yang rendah. Bahwa di lapangan masih banyak siswa yang sering berbicara kotor, merampas barang milik teman, mengganggu teman yang sedang belajar, adapula yang pendiam, tidak bersemangat, tidak dapat memanfaatkan potensi atau bakat, tidak pernah bertanya dan tidak mau maju untuk tampil dalam setiap kesempatan, timbulnya rasa malu yang berlebihan. Permasalahan yang diteliti : Apakah dengan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kesehatan mental?, dan seberapa besar peningkatan kesehatan mental siswa kelas V SD 01 Sembaturagung Tahun Pelajaran 2011/2012 setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok?. Tujuan dalam penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan kesehatan mental siswa kelas V SD 01 sembaturagung melalui bimbingan kelompok yang pada kondisi awal kurang agar menjadi baik. Adapun kegunaan penelitian ini adalah : 1. Kegunaan teoritis: Memberikan sumbangan bagi ilmu pengetahuan di bidang bimbingan dan konseling, khususnya bagi pengembangan teori bimbingan kelompok. 2. Kegunaan praktis: 1. Bagi Peneliti : Memberikan pengalaman sekaligus mengembangkan pengetahuan bagi peneliti.2. Bagi Konselor Dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi konselor untuk selalu memperhatikan keadaan kliennya yaitu tentang meningkatkan kesehatan mental.3. Bagi Sekolah; Dapat memberikan masukan bagi sekolah dalam usaha meningkatkan kesehatan mental siswa di dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah dan masyarakat. Subyek penelitian adalah 8 siswa yang tingkat kesehatan mentalnya rendah. Variabel penelitian meliputi variable X ( Bimbingan Kelompok ) dan Variabel Y (Kesehatan Mental siswa). Metode pengumpulan data menggunakan Wawancara, observasi, dokumentasi. Indikator Kinerja: 1. Indikator proses yaitu siswa dikatakan berhasil apabila hasil pengamatan dalam kategori baik. 2. Indikator hasil yaitu siswa telah memiliki kesehatan mental apabila hasil pengamatan dan wawancara dalam kriteria baik. Sedangkan analisis data secara deskriptif komparatif yang dilanjutkan refleksi pada tiap siklus. Hasil analisis. Berdasarkan hasil pengamatan terhadap siswa kelas V SD 01 sembaturagung, pada kondisi awal ada 8 siswa yang kesehatan mentalnya dalam kategori sangat kurang dengan prosentase rata-rata 24.4%. Sesudah mendapatkan layanan bimbingan kelompok pada siklus I meningkat dalam kategori kurang dengan prosentase rata-rata 45.3%. Pada siklus II meningkat dalam kategori baik dengan prosentase rata-rata 67.8%. Setelah dilaksanakan bimbingan kelompok pada siklus I terjadi peningkatan sebesar (21.3%). Selanjutnya dilaksanakan perbaikan bimbingan kelompok home room pada siklus II terjadi peningkatan sebesar (43.5%). Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Berdasarkan kesimpulan di atas maka dapat diajukan saran-saran sebagai berikut: 1. Bagi kepala sekolah, untuk mengkoordinasikan kegiatan bimbingan kelompok seperti kegiatan pembelajaran dan latihan sehingga menjadi satu kesatuan yang terpadu, harmonis dan dinamis. 2.Bagi Guru / Wali Kelas, hendaknya memberikan pendampingan dan lebih memperhatikan kesehatan mental siswa, salah satu caranya dengan mengadakan layanan bimbingan kelompok. 3. Bagi siswa yang kesehatan mental rendah diharapkan dapat meningkat.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I Dra. Sumarwiyah, M.Pd. Dosen Pembimbing II Drs. Sucipto, M.Pd.
Kata Kunci: Layanan Bimbingan Kelompok; Kesehatan Mental.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Users 1245 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2012 03:10
Last Modified: 07 Nov 2012 03:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/480

Actions (login required)

View Item View Item