Studi Kasus Penerapan Konseling Behavioristik dalam Meningkatkan Penyesuaian Diri terhadap Tata Tertib Sekolah Siswa kelas X SMA NU AL Ma’ruf Kudus Tahun Ajaran 2011/2012

Said, Mohamad (2012) Studi Kasus Penerapan Konseling Behavioristik dalam Meningkatkan Penyesuaian Diri terhadap Tata Tertib Sekolah Siswa kelas X SMA NU AL Ma’ruf Kudus Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (255kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (127kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (218kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (137kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (208kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (89kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab VI) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (78kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (71kB) | Tinjau ulang
[img] Archive (ZIP) (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
[img] Microsoft PowerPoint (Presentasi Ujian) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy

Abstrak

Sebagian kecil kadang siswa SMA NU Al Ma’ruf Kudus sering melakukan pelanggaran tata tertib sekolah seperti sering, terlambat, sering ketiduran di kelas, tidak masuk tanpa keteragan dan sebagainya. Tindakan-tindakan dan tingkah laku siswa yang tidak sesuai dengan tata tertib sekolah dan harapan orang tua membuat para pendidik (guru) dan orang tua menjadi susah. Tentu perbuatan anak semacam ini akan menjadi masalah bagi keluarga dan sekolah. Terutama kaitanya dengan perkembangan sikap dan disiplin anak. Layanan konseling untuk menangani masalah ini menggunakan Pendekatan Konseling Behavioristik. Rumusan masalah penelitian ini adalah : ” Apakah Penerapan Pendekatan Konseling Behavioristik Dapat Meningkatan Penyesuaian Diri tarhadap Tata Tertib Sekolah Siswa kelas X SMA NU AL Ma’ruf Kudus ?. Tujuan penelitian : 1) Untuk medriskripsikan faktor-faktor penyebab kurangnya Penyesuaian Diri siswa tarhadap Tata Tertib Sekolah. 2) Untuk membantu siswa dalam mengatasi masalah Meningkatan Penyesuaian Diri tarhadap Tata Tertib Sekolah Siswa kelas X SMA NU AL Ma’ruf Kudus Manfaat Penelitian : Secara teoristis hasil penelitian ini dapat digunakan untuk memperluas dan memperdalam pengetahuan dan sekaligus sebagai acuan guna penelitian lebih luas lagi. Manfaat praktis bagi kepala sekolah dapat digunakan untuk menentukan kebijakan yang mendukung dan dapat digunakan sebagai pedoman pelaksanaan bimbingan konseling di sekolah yang dilaksanakan oleh konselor sekolah, bagi guru pembimbing dapat dijadikan sebagai pegangan atau pedoman dalam melaksanakan bimbingan di sekolah,bagi peneliti dapat mengetahui cara menangani siswa yang kurang dalam penyesuaian diri terhadap tata tertib sekolah. Penelitian ini termasuk penelitian kasus, yaitu penelitian yang dilakukan secara terperinci dan mendalam terhadap suatu gejala tertentu, sehingga tingkat kemajuan tingkah laku individu dapat dipahami melalui fase-fase terhadap semua siswa kelas X SMA NU Al Ma’ruf Kudus Tahun Ajaran 2011/2012. Subyek penelitian ini adalah 3 (tiga) siswa kelas X yang tercatat sebagai siswa yang kurang dalam menyesuaiakn diri terhadap tata tetib sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah : 1) Wawancara, 2) Dokumentasi, 3) Home Visit. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis induktif. Analisis data dilakukan secara sistematis,melalui proses pengumpulan data mengklarifikasi,mendiskripsikan,dan menginterprestasikan. Kesimpulan hasil penelitian 1.DW sering terlambat sekolah karena mempunyai sifat semaunya sendiri sehingga kurang disiplin dirumah. 2. RZL sering tertidur di kelas karena tidak bisa membagi waktu antara sekolah dan membantu orangtua. 3. AGS sering tidak masuk tanpa keterangan karena kecapekan dan kurang perhatian orangtua. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis data peningkatan penyesuaian diri siswa terhadap tata tertib sekolah dapat disimpulkan bahwa penyebab dari tidak dapat menyesuaikan diri terhadap tata tertib sekolah adalah siswa kurang berdisiplin dirumah, siswa tidak bisa mengatur antara jadwal belajar dengan membantu orang tua, kurangnya kesadaran bahwa belajar itu sangatlah penting untuk masa depan. Untuk membantu siswa dalam mengatasi masalah disiplin diberikan layanan konseling behavioristik secara terencana dan bertahap sesuai kontrak yang disepakati antara konselor dengan klien. Dengan menggunakan pendekatan behavioristik ada perubahan tingkah laku pada klien untuk lebih menanamkan sikap disiplin pada kegiatan sehari-hari klien baik di sekolah maupun di rumah. Berdasarkan kesimpulan diatas maka Saran : Kepada kepala sekolah, 1) Pendekatan Konseling Behavioristik dapat digunakan wali kelas dengan berkolaborasi dengan guru pembimbing untuk menangani masalah penyesuaian diri siswa terhadap tata tertib sekolah serta masalah-masalah lain yang muncul. 2) Perlu diadakannya pertemuan secara periodik dengan guru pembimbing dan wali kelas untuk membahas permasalahan yang muncul pada diri siswa. 3) Perlu ditingkathan peran guru pembimbing (BK) dalam membantu siswa guna menyelesaikan permasalahannya yang dapat mengganggu proses belajarnya khususnya tentang penyesuaian diri terhadap tata tertib sekolah. Kepada wali kelas, Memberikan perhatian yang positif khususnya terhadap anak yang memiliki masalah dalam hal penyesuaian terhadap tata tertib sekolah, yaitu : 1) Meningkatkan pemantauan perkembangan baik akademik maupun perilaku siswa yang berhubungan dengan penyesuaian diri terhadap tata tertib sekolah. 2) Menerapkan model konseling behavioristik dalam menangani masalah penyesuaian terhadap tata tertib sekolah.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dosen pembimbing I, Drs. Sunardi.Dosen Pembimbing II Drs. H. Sucipto,M.Pd,Kons
Uncontrolled Keywords: Konseling Behavioristik, Penyesuaian Diri
Subjects: FIlsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Psikologi > Psikologi diferensial. Individualitas. Diri sendiri.
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Users 2 tidak ditemukan.
Tanggal Deposit: 09 Nov 2012 03:29
Last Modified: 09 Nov 2012 03:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/507

Actions (login required)

View Item View Item