Improving The Ability Of Writing Narrative Text Of The Eleventh Grade Students Of Sma Islam Tuan Sokolangu Gabus Pati In The Academic Year 2014/2015 By Using Kancing Gemerincing Technique

Sofiana, Giani (2016) Improving The Ability Of Writing Narrative Text Of The Eleventh Grade Students Of Sma Islam Tuan Sokolangu Gabus Pati In The Academic Year 2014/2015 By Using Kancing Gemerincing Technique. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (691Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (340Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (384Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (363Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (424Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (339Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (335Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (364Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (2835Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Menulis adalah salah satu dari empat kemampuan Bahasa Inggris yang harus diajarkan kepada siswa. Kemampuan ini harus dikuasai oleh murid karena dapat digunakan untukmengekspresikan gagasan siswa, perasaan dan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Dalam kurikulum SMA, menulis merupakan standar kompetensi yang dilakukan oleh siswa. Ada beberapa bahan menulis teks bahasa Inggris yang diajarkan di SMA Islam Tuan Sokolangu Gabus Pati, salah satunya adalah teks naratif. Sebagian besar siswa mengatakan bahwa menulis adalah sulit dan begitu banyak jenis teks yang harus dipelajari oleh mereka. Teks naratif adalah teks yang menceritakan kejadian atau cerita masa lalu yang bertujuan untuk menghibur pembaca. Ini cukup sulit untuk siswa, terutama kelas sebelas dari SMA Islam Tuan Sokolangu Gabus Pati. Menggunakan teknik Kancing Gemerincing dalam proses belajar mengajar di harapkan mampu mendorong siswa agar mereka tertarik dalam membuat teks naratif. Teknik Kancing Gemrincing adalah salah satu teknik pembelajaran kooperatif yang setiap anggota dari kelompok mendapat kancing atau benda-benda kecil sebagai tiket yang harus digunakan setiap mereka ingin menyatakan pendapat. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan kemampuan menulis teks naratif dengan menggunakan teknik Kancing gemerincing untuk kelas sebelas IPA A di SMA Islam Tuan Sokolangu Gabus Pati tahun ajaran 2014/2015, (2) untuk mendeskripsikan penerapan dari teknik Kancing Gemerincing untuk meningkatkan kemampuan menulis teks naratif dari kelas sebelas IPA A di SMA Islam Tuan Sokolangu Gabus Pati tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini merupakan salah satu jenis dari penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelas. Penelitian in terdiri dari empat tahap. Yaitu merencanakan, melakukan tindakan, mengamati, dan merefleksi. Subyek dari penelitian adalah siswa kelas sebelas IPA A di SMA Islam Tuan Sokolangu Gabus Pati tahun ajaran 2014/2015. Hasil dari kemampuan menulis siswa dari teks naratif dari siswa kelas sebelas IPA A di SMA Islam Tuan Sokolangu Gabus Pati tahun ajaran 2014/2015, nilai rata-rata dari kemampuan menulis teks naratif di siklus 1 ke siklus II meningkat dari 74.16 dengan kategori sedang menjadi 80.64 dengan kategori memuaskan. Ada banyak perubahan. Jadi hipotesa menyatakan masalah siswa dalam kemampuan menulis teks naratif dari kelas sebelas IPA A di SMA Islam Tuan Sokolangu Gabus Pati tahun ajaran 2014/2015 dapat diselesaikan dengan menggunakan teknik Kancing Gemerincing adalah benar. Berdasarkan hasil dari penelitian, dapat disimpulkan bahwa teknik Kancing Gemerincing dapat meningkatkan kemampuan menulis teks naratif dari siswa kelas sebelas IPA A di SMA Islam Tuan Sokolangu Gabus Patti tahun ajaran 2014/2015. Penulis menyarankan guru bahasa Inggris harus memilih sebuah media yang tepat dalam pengajaran menulis khususnya pada teks naratif. Dalam hal ini, Kancing Gemerincing dapat memberikan keuntungan daam proses pengajaran bahasa Inggris bagi siswa. Jadi siswa dapat aktif berpartisipasi dalam proses belajar bahasa Inggris dan juga membuat siswa dapat menghasilkan ide mereka untuk membuat teks naratif. Kemudian, untuk siswa juga disarankan untuk mendorong diri mereka sendiri untuk belajar bahasa Inggris dan harus berlatih lebih banyak untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam bahasa Inggris.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: pembimbing : Dr. Drs. Slamt Utomo,M. Pd
                    Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menulis, Teks Naratif, Teknik Kancing Gemerincing.
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 25 Jul 2016 13:16
                    Last Modified: 25 Jul 2016 13:16
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5713

                    Actions (login required)

                    View Item