Improving The Ability Of Writing Narrative Text Of The Eleventh Grade Students Of Sma Islam Tuan Sokolangu Gabus Pati In The Academic Year 2014/2015 By Using Kancing Gemerincing Technique

Sofiana, Giani (2016) Improving The Ability Of Writing Narrative Text Of The Eleventh Grade Students Of Sma Islam Tuan Sokolangu Gabus Pati In The Academic Year 2014/2015 By Using Kancing Gemerincing Technique. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HAL_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (708kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
REFERENCE.pdf - Accepted Version

Download (372kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Menulis adalah salah satu dari empat kemampuan Bahasa Inggris yang harus diajarkan kepada siswa. Kemampuan ini harus dikuasai oleh murid karena dapat digunakan untukmengekspresikan gagasan siswa, perasaan dan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Dalam kurikulum SMA, menulis merupakan standar kompetensi yang dilakukan oleh siswa. Ada beberapa bahan menulis teks bahasa Inggris yang diajarkan di SMA Islam Tuan Sokolangu Gabus Pati, salah satunya adalah teks naratif. Sebagian besar siswa mengatakan bahwa menulis adalah sulit dan begitu banyak jenis teks yang harus dipelajari oleh mereka. Teks naratif adalah teks yang menceritakan kejadian atau cerita masa lalu yang bertujuan untuk menghibur pembaca. Ini cukup sulit untuk siswa, terutama kelas sebelas dari SMA Islam Tuan Sokolangu Gabus Pati. Menggunakan teknik Kancing Gemerincing dalam proses belajar mengajar di harapkan mampu mendorong siswa agar mereka tertarik dalam membuat teks naratif. Teknik Kancing Gemrincing adalah salah satu teknik pembelajaran kooperatif yang setiap anggota dari kelompok mendapat kancing atau benda-benda kecil sebagai tiket yang harus digunakan setiap mereka ingin menyatakan pendapat. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan kemampuan menulis teks naratif dengan menggunakan teknik Kancing gemerincing untuk kelas sebelas IPA A di SMA Islam Tuan Sokolangu Gabus Pati tahun ajaran 2014/2015, (2) untuk mendeskripsikan penerapan dari teknik Kancing Gemerincing untuk meningkatkan kemampuan menulis teks naratif dari kelas sebelas IPA A di SMA Islam Tuan Sokolangu Gabus Pati tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini merupakan salah satu jenis dari penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelas. Penelitian in terdiri dari empat tahap. Yaitu merencanakan, melakukan tindakan, mengamati, dan merefleksi. Subyek dari penelitian adalah siswa kelas sebelas IPA A di SMA Islam Tuan Sokolangu Gabus Pati tahun ajaran 2014/2015. Hasil dari kemampuan menulis siswa dari teks naratif dari siswa kelas sebelas IPA A di SMA Islam Tuan Sokolangu Gabus Pati tahun ajaran 2014/2015, nilai rata-rata dari kemampuan menulis teks naratif di siklus 1 ke siklus II meningkat dari 74.16 dengan kategori sedang menjadi 80.64 dengan kategori memuaskan. Ada banyak perubahan. Jadi hipotesa menyatakan masalah siswa dalam kemampuan menulis teks naratif dari kelas sebelas IPA A di SMA Islam Tuan Sokolangu Gabus Pati tahun ajaran 2014/2015 dapat diselesaikan dengan menggunakan teknik Kancing Gemerincing adalah benar. Berdasarkan hasil dari penelitian, dapat disimpulkan bahwa teknik Kancing Gemerincing dapat meningkatkan kemampuan menulis teks naratif dari siswa kelas sebelas IPA A di SMA Islam Tuan Sokolangu Gabus Patti tahun ajaran 2014/2015. Penulis menyarankan guru bahasa Inggris harus memilih sebuah media yang tepat dalam pengajaran menulis khususnya pada teks naratif. Dalam hal ini, Kancing Gemerincing dapat memberikan keuntungan daam proses pengajaran bahasa Inggris bagi siswa. Jadi siswa dapat aktif berpartisipasi dalam proses belajar bahasa Inggris dan juga membuat siswa dapat menghasilkan ide mereka untuk membuat teks naratif. Kemudian, untuk siswa juga disarankan untuk mendorong diri mereka sendiri untuk belajar bahasa Inggris dan harus berlatih lebih banyak untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam bahasa Inggris.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: pembimbing : Dr. Drs. Slamt Utomo,M. Pd
Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Teks Naratif, Teknik Kancing Gemerincing.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 25 Jul 2016 06:16
Last Modified: 25 Jul 2016 06:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5713

Actions (login required)

View Item View Item