The Writing Ability Of Narrative Text Of The Tenth Grade Students Of Smk Wisudha Karya Kudus In The Academic Year 2014/2015 By Using Clustering Technique

Astuti, Widi (2015) The Writing Ability Of Narrative Text Of The Tenth Grade Students Of Smk Wisudha Karya Kudus In The Academic Year 2014/2015 By Using Clustering Technique. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (988Kb)
    [img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (628Kb) | Request a copy
      [img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (680Kb) | Request a copy
        [img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (662Kb) | Request a copy
          [img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (754Kb) | Request a copy
            [img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (665Kb) | Request a copy
              [img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (620Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (621Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (2542Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Menulis adalah keterampilan bahasa inggris yang harus dimengerti oleh para siswa selain mendengarkan, berbicara, dan membaca. Menulis adalah proses komplek yang mengharuskan penulis untuk memperbanyak pemikiran dan ide yang membuat ide-ide itu menjadi nyata. Dalam belajar bahasa inggris, murid-murid mengalami kesulitan khususnya menulis teks narrative. Guru bahasa inggris harus lebih kreatif untuk memilih jenis tehnik dalam menulis. Tehnik Clustering adalah salah satu tehnik mengajar yang dapat diterapkan guru bahasa inggris dalam mengajar menulis karena clustering merupakan langkah kegiatan sebelum menulis yang dapat digunakan siswa untuk membangun, mengorganisasi, dan mengumpulkan ide-ide dari hasil akhir menulis bisa lebih mudah menggunakan bundaran dan garis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan perbedaan antara mengajar menulis teks narrative pada siswa kelas X SMK Wisudha Karya Kudus tahun ajaran 2014/2015 sebelum dan sesudah menggunakan tehnik Clustering. Rancangan dari penelitian ini adalah penelitian experimental quasi. Eksperimen dari penelitian ini menggunakan pre dan post test. Populasi dari penelitian adalah siswa kelas X SMK Wisudha Karya Kudus tahun ajaran 2014/2015. Dalam mengambil sample, penulis menggunakan tehnik cluster random sample. Penulis mendapatkan kelas X-NKN dengan jumlah 31 siswa sebagai sample. Hasil dari penelitian menunjukkan kemampuan menulis teks Narrative pada siswa kelas X SMK Wisudha Karya Kudus tahun ajaran 2014/2015 sebelum menggunakan Tehnik Clustering dikategorikan “cukup”. Ditunjukkan dengan nilai tertinggi adalah 79, nilai terendah 40, rata-rata 63.09 dan standart deviasi 9.95. sedangkan kemampuan menulis teks Narrative pada siswa kelas X SMK Wisudha Karya Kudus tahun ajaran 2014/2015 sesudah menggunakan Tehnik Clustering dikategorikan “baik”. Ditunjukkan dengan nilai tertinggi adalah 91, nilai terendah 62, rata-rata 75.8 dan standart deviasi 6.16. Dan penghitungan dari t-observasi (t0) adalah 6.33 dan tingkat perbedaan 0.05 dan t-table (tt) adalah 2.04. Berdasarkan uraian di atas, penulis menyarankan Guru Bahasa Inggris untuk mendapatkan manfaat dari tehnik Clustering yang dapat membantu siswa untuk menulis teks narrative pada tahap sebelum menulis. Hal itu membuat pembelajaran bahasa inggris menjadi menyenangkan.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing; Dr. Drs. Slamet Utomo, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Mengajar Menulis, Clustering Technique
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 27 Jul 2016 10:22
                    Last Modified: 27 Jul 2016 10:22
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5738

                    Actions (login required)

                    View Item