Wahyuni, Sri (2016) Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Model Project Based Learning Pada Siswa Kelas V Sdn 3 Tunggul Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
COVER.pdf - Accepted Version Download (410kB) |
PDF (BAB 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (234kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (318kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (483kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (249kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (199kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (137kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (27MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Project Based Learning dan menemukan peningkatan keterapian guru, aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi menghargai keputusan bersama pada kelas V SDN 3 Tunggul Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016. Hasil belajar PKn merupakan hasil yang berupa kemampuan dalam kognitif, afektif dan psikomotorik. Domain kognitif berupa hasi akademik siswa berupa nilai, domain afektif berupa penanaman taat pada sikap menghargai keputusan bersama, domain psikomotorik berupa kemampuan dalam bekerja sama denan kelompoknya dan kemampuan berbicara saat didepan kelas. Hasil belajar merupakan keberhasilan yang sudah dicapai oleh siswa setelah melakukan proses pembelajaran. Model pembelajaran Project Based Learning adalah model pembelajaran yang melibatkan seluruh siswa melalui pembelajaran berbasis proyek. Hipotesis penelitian ini adalah penerapan Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, meningkatkan aktivitas belajar siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa SDN 3 Tungul Nalumsari Jepara pada materi menghargai keputusan bersama tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan pada kelas V SDN 3 Tunggul Nalumsari Jepara tahun pelajaran 2015/2016 dengan subjek penelitian 22 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas yakni model Project Based Learning. Sedangkan variabel terikatnya yakni hasil belajar PKn. Instrumen penelitian ini yakni observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran PKn melalui model Project Based Learning meningkat disetiap siklus. Presentase keterampilan guru siklus I rata-rata klasikal yakni 62,49% dengan kriteria cukup dan meningkat pada siklus II rata-rata menjadi 85,71% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan presentase aktivitas belajar aspek afektif siklus I rata-rata 55,11% dengan kriteria cukup dan meningkat pada siklus II rata-rata klasikal menjadi 81,17% dengan kriteria baik. Presentase aktivitas belajar aspek psikomotorik pada siklus I rata-rata klasikal yakni 57,09% dengan kriteria cukup, kemudian meningkat pada siklus II rata-rata klasikal menjadi 80,86% dengan kriteria baik. Presentase ketuntasan hasil belajar aspek ognitif pada prasiklus yakni 45,46% dengan kriteria kurang, kemudian setelah dilakukan penelitian siklus I menjadi 75,5% dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II menjadi 93% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN 3 Tunggul Nalumsari Jepara tahun pelajaran 2015/2016 dalam mata pelajaran PKn keterampilan guru dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Peneliti menyarankan agar guru hendaknya dapat menginovasikan model-model pembelajaran, siswa lebih meningkatkan semangat dalam mengikuti pembelajaran, dan pihak sekolah sebaiknya memberikan dukungan dan kesemoatan kepada guru untuk mnegadakan pelatihan dan menjelaskan program-program pelatihan untuk peningktan kerterampilan guru dalam menguasai metode ataupun model pembelajaran yang inovatif sehingga mata pelajaran PKn dapat dilaksanakan dengan menyenangkan
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing; Dra. Masturi, MM |
Kata Kunci: | Project Based Learning, Hasil belajar PKn pada materi menghargai keputusan bersama |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 13 Aug 2016 07:45 |
Last Modified: | 13 Aug 2016 08:20 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6006 |
Actions (login required)
View Item |