Meningkatkan Toleransi Beragama Antar Siswa Melalui Layanan Informasi Berbantuan Video Maker Pada Siswa Kelas Vii 1 Smp 1 Kudus

Sulistian, Heru Agus (2016) Meningkatkan Toleransi Beragama Antar Siswa Melalui Layanan Informasi Berbantuan Video Maker Pada Siswa Kelas Vii 1 Smp 1 Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal Judul) - Accepted Version
Download (555Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (202Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (340Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (517Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (986Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (116Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (147Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (156Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (1353Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan layanan informasi menggunakan video maker umtuk meningkatkan toleransi beragama antar siswa menggunakan audio visual video maker bagi siswa kelas VII 1 Smp 1 Kudus. Untuk mendeskripsikan peningkatan toleransi beragama antar siswa kelas VII 1 Smp 1 Kudus melalui layanan informasi menggunakan video maker siswa kelas VII 1 Smp 1 Kudus Tahun Ajaran 2015/2016. Toleransi beragama antar siswa adalah suatu sikap atau perilaku manusia yang tidak menyimpang dari aturan, dimana seseorang menghargai atau menghormati setiap tindakan yang orang lain lakukan. Norma agama adalah aturan hidup yang harus ditrima manusia untuk menjalankan perintah-perintahNYA, larangan-larangan, dan ajaran yang bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa. Manfaat toleransi beragama antar siswa yaitu menghindari perpecahan dan memperkokoh tali silaturohmi. Layanan informasi adalah memberikan pemahaman kepada individu yang berkepentingan tentang berbagai aspek perkembangan belajarnya maupun dalam aspek lainya. Video maker adalah memberikan materi dengan mengedit film atau video yang berupa sebuah foto berjalan dengan menahbahkan efek kusus seperti musik dan narasi dengan mudah. Video maker berfungsi sebagai alat membuat foto, mengedit foto dari sebuah video berjalan. Dengan demikian maka siswa akan mudah dalam memahami materi yang telah disampaikan. Penelitian tindakan bimbingan dan konseling ini dilaksanakan pada kelas VII 1 Smp 1 Kudus dengan subjek penelitian 29 siswa yang terdiri dari 12 siswa perempuan 17 siswa laki-laki. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas adalah layanan informasi dengan menggunakan video maker, sedangkan variabel terikat adalah toleransi beragama antar siswa. Hasil Observasi Kolaborator terhadap Peneliti siklus I sebanyak terdapat 16 siswa (34%) masuk dalam kategori cukup (C), 13 siswa (24%) masuk dalam kategori kurang (K). Pada siklus I pertemuan II terdapat 24 siswa (48%) masuk dalam kategori cukup (C), 4 siswa (8%) masuk dalam kategori kurang (K), 1 siswa (2%) masuk dalam kategori baik (B). Pada siklus I pertemuan 3 terdapat 10 siswa (20%) masuk dalam kategori baik (B), 16 siswa (32%) masuk dalam kategori cukup (C), 3 siswa (6%) masuk kategori kurang (K). penerapan Toleransi umat beragama siswa kelas VII 1 SMP 1 Kudus dalam Layanan Informasi dengan media video maker pada siklus II yaitu pada pertemuan 1 jumlah skor 955 dengan rata-rata 33% dalam kategori (cukup). Pada siklus II pertemuan 2 memperoleh jumlah skor 1017 dengan rata-rata 35% dalam kategori (baik). Pada siklus II pertemuan 3 memperoleh jumlah skor 1136 dengan rata-rata 39% dalam kategori (baik) Saran yang diberikan: 1. Bagi Kepala sekolah, dapat digunakan kepada kepala sekolah dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan disekolah, 2. Bagi guru BK, Agar guru dapat mengarahkan siswa untuk dijadikan salah satu sumber belajar pemahaman tentang toleransi beragama 3. Bagi siswa, siswa diharapkan dapat memahami pentingnya toleransi antar siswa, dan 4. Bagi Peneliti semoga Penelitian ini bermanfaat bagi peneliti untuk menambah pengetahuan dan pengalaman

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing: Dra. Sumarwiyah, M.Pd.,Kons
                    Uncontrolled Keywords: Peningkatan Toleransi Beragama Antar Siswa. Layanan Informasi. Video Maker
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 30 Nov 2016 10:27
                    Last Modified: 30 Nov 2016 10:27
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6595

                    Actions (login required)

                    View Item