Meningkatkan Kejujuran Mengerjakan Tugas Melalui Layanan Informasi Dengan Teknik Modelling Simbolis Pada Siswa Kelas Xi Tkj 1 Smk Negeri 2 Kudus

Kusumawati, Sari (2017) Meningkatkan Kejujuran Mengerjakan Tugas Melalui Layanan Informasi Dengan Teknik Modelling Simbolis Pada Siswa Kelas Xi Tkj 1 Smk Negeri 2 Kudus. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Preview
PDF (Hal judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
[img] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (914kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (977kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Microsoft PowerPoint (Sidang)
PPT_SIDANG_SARI.pptx - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendiskripsikan Pelaksanaan layanan informasi dengan teknik modeling simbolis dalam Meningkatkan Kejujuran Mengerjakan Tugas pada siswa kelas XI TKJ 1 di SMk N 2 Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017.2. Memperoleh peningkatan kejujuran mengerjakan tugas melalui layanan informasi dengan teknik modeling simbolis pada siswa kelas XI TKJ 1 SMK N 2 Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. Kejujuran mengerjakan tugas adalah sikap dan perilaku seseorang yang menunjukkan perilaku tidak suka berbohong, tidak curang, memberikan informasi sesuai dengan kenyataan apa adanya secara terbuka, dapat dipercaya dalam perkataan, perbuatan dan pekerjaan sesuai dengan kondisi dan fakta yang ada sebenarnya. layanan informasi adalah kegiatan memberikan pemahaman kepada individu-individu yang berkepentingan tentang berbagai hal yang diperlukan untuk menjalani suatu tugas atau kegiatan, atau untuk menentukan arah suatu tujuan atau rencana yang dikehendaki. Model simbolik (symbolic model), adalah tokoh yang dilihat melalui film, video, atau media lain. Contoh, seseorang penderita neurosis yang melihat tokoh dalam film dapat mengatasi masalahnya dan kemudian ditiru. Hipotesis peneliti tindakan kelas bimbingan dam konseling adalah sebagai berikut “Layanan informasi Dengan Teknik modeling simbolis Meningkatkan kejujuran mengerjakan tugas pada siswa kelas XI TKJ 1 SMK Negri 2 Kudus. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelasbimbingan dan konseling. Subjek penelitian ini adalahsiswa SMK N 2 Kuduskelas XI TKJ 1 yang berjumlah 40 siswa. Variabel penelitian: layanan informasi dengan teknik modeling simbolis (variabel bebas) dan kejujuranmengerjakantugas (variabel terikat). Metode pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Rancangan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan melalui 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 kali pertemuan membahas 3 materi dengan alokasi waktu 45 menit. Data diperoleh dari observasi dilakukan secara langsung bersama kolaborator. Hasil penelitian pra siklus dapat diketahui bahwa meningkatnya kejujuran mengerjakan tugas pada pra siklus dengan persentase 33% kategori sangat kurang (SK), siklus I pertemuan 1 persentase 37% kategori kurang (K), pertemuan 2 persentase 47% kategori cukup (C), pertemuan 3 persentase 60% kategori cukup (C), siklus II pertemuan 1 persentase 68% kategori baik (B), pertemuan 2 persentase 81% kategori baik (B), pertemuan 3 persentase 95% kategori sangat baik (SB). Hal ini didukung dengan beberapa fakta mengenai peningkatan kejujuran mengerjakan tugas yaitu, siswa mengisi data pribadi sesuai realita, siswa tidak mengganti nama pada naskah tugas milik orang lain untuk dikumpulkan, siswa tidak berbohong saat terlambat mengumpulkan tugas. Dengan demikian upaya untuk meningkatkan kejujuran mengerjakan tugas pada siswa sudah mengalami peningkatan yang signifikan, baik dari siklus I maupun siklus II. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa peningkatan kejujuran dalam mengerjakan tugas melalui layanan informasi dengan teknik modelling simbolis diperoleh dari 39 siswa dari pra siklus ke siklus I dan siklus II memperlihatkan bahwa peningkatan kejujuran mengerjakan tugas mengalami peningkatan. Hasil rata-rata pra siklus mendapat 33% kategori sangat kurang, pada siklus I pertemuan 1 sampai ke 3 memperoleh persentase 48% kategori kurang, mengalami peningkatan sebesar 15% dari 33% menjadi 48% dan pada siklus II pertemuan 1 sampai ke 3 memperoleh persentase 81% kategori Baik, sehingga mengalami peningkatan sebesar 33% dari 48% menjadi 81%. Jadi peningkatan terhadap kejujuran dalam mengerjakan tugas melalui layanan informasi teknik modelling simbolis sebesar 48%, dari 15% menjadi 33%. Dengan demikian penelitian tindakan bimbingan dan konseling dapat disimpulkan bahwa hipotesis siswa yang menyatakan “peningkatan kejujuran dalam mengerjakan tugas pada siswa kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 2 Kudus dapat ditingkatkan melalui layanan informasi dengan teknik modelling simbolis”. Dapat diterima karena telah mencapai indikator keberhasilan.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sunardi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kejujuran Mengerjakan Tugas Layanan Informasi Teknik Modeling Simbolis
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 22 Apr 2017 03:08
Last Modified: 22 Apr 2017 03:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6831

Actions (login required)

View Item View Item