Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sdn Ketanjung 3 Materi Perkembangan Teknologi

Handhika, Dony (2017) Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sdn Ketanjung 3 Materi Perkembangan Teknologi. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (4MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (646kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (325kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (9MB) | Request a copy
[img] Microsoft PowerPoint (Sidang) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (323kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model NHT dan menemukan peningkatan hasil belajar IPS siswa materi perkembangan teknologi pada siswa kelas IV SDN Ketanjung 3. Hasil belajar merupakan hasil yang akan dicapai siswa sebagai bukti keberhasilan proses belajar mengajar. NHT adalah suatu rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada membuat pembelajaran menyenangkan yaitu dengan cara pemberian nomor dari guru akan menjadi tanggung jawab siswa nantinya dalam mengemukakan pendapat atau menyelesaikan permasalahan yang diawali dengan pemanggilan nomor secara acak oleh guru. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SDN Ketanjung 3 dengan subjek penelitian 16 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Numbered Head Together. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPS siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai hasil belajar IPS siswa pada materi Perkembangan Teknologi yang cukup signifikan antara pra siklus (18,75%), siklus I (62,50%) dan siklus II (81,25%), didukung dengan peningkatan aktivitas belajar siswa siklus I 63% (cukup) menjadi 72% (baik) siklus II. Keterampilan guru menggunakan model pembelajaran STAD juga mengalami peningkatan pada siklus I 76% (baik) Menjadi 82% (baik). hal itu membuktikan bahwa penggunaan model NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Perkembangan Teknologi kelas IV SDN Ketanjung 3. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN Ketanjung 3 dapat disimpulkan bahwa penggunaan model NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkembangan teknologi kelas IV SDN Ketanjung 3. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model Pembelajaran NHT, guru tidak hanya menilai hasil belajar siswa saja tetapi aktivitas belajar siswa juga dinilai untuk memantau perkembangan siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Utaminingsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: NHT, Hasil Belajar, Perkembangan Teknologi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 29 Apr 2017 05:34
Last Modified: 29 Apr 2017 05:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6882

Actions (login required)

View Item View Item