Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sdn Ketanjung 3 Materi Perkembangan Teknologi

Handhika, Dony (2017) Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sdn Ketanjung 3 Materi Perkembangan Teknologi. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal judul]
Preview
PDF (Hal judul)
1._HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (4MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
2._BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
3._BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
4._BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
5._BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
6._BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
7._BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (646kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (325kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of Sidang] Microsoft PowerPoint (Sidang)
4._PPT_SIDANG.pptx - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model NHT dan menemukan peningkatan hasil belajar IPS siswa materi perkembangan teknologi pada siswa kelas IV SDN Ketanjung 3. Hasil belajar merupakan hasil yang akan dicapai siswa sebagai bukti keberhasilan proses belajar mengajar. NHT adalah suatu rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada membuat pembelajaran menyenangkan yaitu dengan cara pemberian nomor dari guru akan menjadi tanggung jawab siswa nantinya dalam mengemukakan pendapat atau menyelesaikan permasalahan yang diawali dengan pemanggilan nomor secara acak oleh guru. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SDN Ketanjung 3 dengan subjek penelitian 16 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Numbered Head Together. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPS siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai hasil belajar IPS siswa pada materi Perkembangan Teknologi yang cukup signifikan antara pra siklus (18,75%), siklus I (62,50%) dan siklus II (81,25%), didukung dengan peningkatan aktivitas belajar siswa siklus I 63% (cukup) menjadi 72% (baik) siklus II. Keterampilan guru menggunakan model pembelajaran STAD juga mengalami peningkatan pada siklus I 76% (baik) Menjadi 82% (baik). hal itu membuktikan bahwa penggunaan model NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Perkembangan Teknologi kelas IV SDN Ketanjung 3. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN Ketanjung 3 dapat disimpulkan bahwa penggunaan model NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkembangan teknologi kelas IV SDN Ketanjung 3. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model Pembelajaran NHT, guru tidak hanya menilai hasil belajar siswa saja tetapi aktivitas belajar siswa juga dinilai untuk memantau perkembangan siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: Drs. Sri Utaminingsih, M.Pd
Kata Kunci: NHT, Hasil Belajar, Perkembangan Teknologi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 29 Apr 2017 05:34
Last Modified: 29 Apr 2017 05:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6882

Actions (login required)

View Item View Item