Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ipa Metode Outdoor Learning Berbasis Lingkungan Siswa Kelas Iv Sd 01 Golan Tepus

Afifah, Efa (2017) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ipa Metode Outdoor Learning Berbasis Lingkungan Siswa Kelas Iv Sd 01 Golan Tepus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (528Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (285Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (462Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (630Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1295Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (325Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (153Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (228Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (4Mb) | Request a copy
                    [img] Microsoft PowerPoint (Sidang) - Accepted Version
                    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                    Download (1383Kb) | Request a copy

                      Abstrak

                      Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan (1) keterampilan guru, (2) hasil belajar siswa, (3) iklim pembelajaran, (4) materi pembelajaran IPA, (5) media pembelajaran IPA materi struktur bagian tumbuhan. Kualitas pembelajaran IPA merupakan adalah ukuran tinggi rendahnya suatu pembelajaran yang dirancang untuk mendukung terjadinya proses pembelajaran IPA. Metode Outdoor Learning berbasis lingkungan adalah metode pembelajaran dengan mengajak siswa untuk mempelajari objek-objek pembelajaran yang ada di lingkungan sekolah. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 01 Golan Tepus dengan subjek penelitian 19 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan kualitas pembelajaran yakni (1) keterampilan guru dalam menerapkan metode outdoor learning berbasis lingkungan mengalami peningkatan pada siklus I 75,8% menjadi 88,3% siklus II, (2) peningkatan hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I 72,2% menjadi 85,7% pada siklus II, (3) iklim pembelajaran mengalami peningkatan pada siklus I 75% menjadi 90,6% siklus II, (4) materi pembelajaran mengalami peningkatan pada siklus I 81% menjadi 89,5% siklus II, dan (5) media pembelajaran mengalami peningkatan pada siklus I 75% menjadi 90,6% siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penerapan metode outdoor learning berbasis lingkungan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA materi struktur bagian tumbuhan di SD 01 Golan Tepus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 01 Golan Tepus dapat disimpulkan bahwa penerapan metode outdoor learning berbasis lingkungan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA materi struktur bagian tumbuhan di kelas IV SD 01 Golan Tepus. Untuk itu disarankan dalam menerapkan metode outdoor learning berbasis lingkungan, guru harus menggunakan media dan bahan ajar modul pembelajaran yang berkaitan dengan materi di lingkungan sekitar siswa serta menjelaskan kepada siswa bahwa yang mereka pelajari mempunyai manfaat yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

                      Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                      Additional Information: Pembimbing: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
                      Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, IPA, Outdoor Learning, Berbasis Lingkungan
                      Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                      Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                      Depositing User: pustakawan umk
                      Tanggal Deposit: 29 Apr 2017 15:00
                      Last Modified: 29 Apr 2017 15:00
                      URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6892

                      Actions (login required)

                      View Item