Afifah, Efa (2017) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ipa Metode Outdoor Learning Berbasis Lingkungan Siswa Kelas Iv Sd 01 Golan Tepus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal judul)
COVER.pdf - Accepted Version Download (541kB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (292kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (473kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (645kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (333kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (157kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (234kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
|
Microsoft PowerPoint (Sidang)
PPT_SIDANG.pptx - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan (1) keterampilan guru, (2) hasil belajar siswa, (3) iklim pembelajaran, (4) materi pembelajaran IPA, (5) media pembelajaran IPA materi struktur bagian tumbuhan. Kualitas pembelajaran IPA merupakan adalah ukuran tinggi rendahnya suatu pembelajaran yang dirancang untuk mendukung terjadinya proses pembelajaran IPA. Metode Outdoor Learning berbasis lingkungan adalah metode pembelajaran dengan mengajak siswa untuk mempelajari objek-objek pembelajaran yang ada di lingkungan sekolah. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 01 Golan Tepus dengan subjek penelitian 19 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan kualitas pembelajaran yakni (1) keterampilan guru dalam menerapkan metode outdoor learning berbasis lingkungan mengalami peningkatan pada siklus I 75,8% menjadi 88,3% siklus II, (2) peningkatan hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I 72,2% menjadi 85,7% pada siklus II, (3) iklim pembelajaran mengalami peningkatan pada siklus I 75% menjadi 90,6% siklus II, (4) materi pembelajaran mengalami peningkatan pada siklus I 81% menjadi 89,5% siklus II, dan (5) media pembelajaran mengalami peningkatan pada siklus I 75% menjadi 90,6% siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penerapan metode outdoor learning berbasis lingkungan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA materi struktur bagian tumbuhan di SD 01 Golan Tepus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 01 Golan Tepus dapat disimpulkan bahwa penerapan metode outdoor learning berbasis lingkungan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA materi struktur bagian tumbuhan di kelas IV SD 01 Golan Tepus. Untuk itu disarankan dalam menerapkan metode outdoor learning berbasis lingkungan, guru harus menggunakan media dan bahan ajar modul pembelajaran yang berkaitan dengan materi di lingkungan sekitar siswa serta menjelaskan kepada siswa bahwa yang mereka pelajari mempunyai manfaat yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd |
Kata Kunci: | Kualitas Pembelajaran, IPA, Outdoor Learning, Berbasis Lingkungan |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 29 Apr 2017 08:00 |
Last Modified: | 29 Apr 2017 08:00 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6892 |
Actions (login required)
View Item |