Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Model Contextual Teaching And Learning Materi Gaya Pada Siswa Kelas V Sdn 2 Jebol Mayong Jepara

Amiluhur, Filnorisna Vino (2017) Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Model Contextual Teaching And Learning Materi Gaya Pada Siswa Kelas V Sdn 2 Jebol Mayong Jepara. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal Judul) - Accepted Version
Download (645Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (208Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to hanya untuk Staf Repositori

      Download (1102Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (510Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (799Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (229Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (136Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                Download (11Mb) | Request a copy
                  [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                  Download (187Kb)
                    [img] Microsoft PowerPoint (Sidang) - Accepted Version
                    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                    Download (225Kb) | Request a copy

                      Abstrak

                      Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai kognitif siswa kelas V SDN 2 Jebol Mayong Jepara. Permasalahan tersebut disebabkan model pembelajaran yang digunakan masih konvensional dan rendahnya keterampilan guru mengaitkan materi secara kongkrit. Berdasarkan latar belakang tersebut maka peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran CTL. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah (1) mendiskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPA materi gaya dengan menerapkan model pembelajaran CTL di SDN 2 Jebol, (2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA materi gaya dengan menerapkan model pembelajaran CTL di SDN 2 Jebol, (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA dalam mengelola pembelajaran IPA materi gaya dengan menerapkan model pembelajaran CTL di SDN 2 Jebol. Hasil belajar IPA merupakan tingkat penguasaan pemahaman siswa dan perubahan perilaku pada siswa mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik pada mata pelajaran IPA materi gaya. Contextual Teaching and Learning adalah model pembelajaran yang ditandai dengan memberikan pembelajaran yang nyata atau konkrit kepada siswa. Tujuh komponen utama CTL yakni konstruktivisme, bertanya, inkuiri, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi dan penilaian autentik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain PTK Kemmis & Mc Taggart, yang menggunakan 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 2 Jebol Mayong Jepara dengan jumlah siswa 22 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian tindakan kelas ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan model CTL pada mata pelajaran IPA, dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar IPA. Hal ini dibuktikan dengan adanya indikator keberhasilan yang telah dicapai sebagai berikut. (1) Keterampilan guru siklus I memperoleh 68% dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II menjadi 87% dengan kriteria sangat baik. (2) Aktivitas belajar siswa afektif dan psikomotorik pada siklus I diperoleh 73,62% dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II menjadi 84,83% dengan kriteria sangat baik. (3) Hasil belajar IPA juga meningkat dilihat dari persentase ketuntasan belajar siklus I memperoleh 64% dan meningkat pada siklus II menjadi 91%. Simpulan penelitian ini ialah hasil belajar siswa dan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran di kelas V SDN 2 Jebol dapat meningkat setelah diterapkannya model Contextual Teaching and Learning. Adapun saran yang diberikan yaitu hendaknya siswa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran IPA serta model Contextual Teaching and Learning dapat dijadikan salah satu solusi bagi guru untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa.

                      Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                      Additional Information: pembimbing: Drs. Sucipto, M.Pd, Kons
                      Uncontrolled Keywords: Hasil belajar IPA, Model Contextual Teaching and Learning.
                      Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
                      Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                      Depositing User: pustakawan umk
                      Tanggal Deposit: 20 May 2017 15:19
                      Last Modified: 20 May 2017 15:32
                      URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7193

                      Actions (login required)

                      View Item