Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Cooperative Learning Tipe Stad Berbantuan Media Komik Pada Kelas Iv Sdn 03 Buwaran Jepara

UMAR, TAUFIQ (2017) Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Cooperative Learning Tipe Stad Berbantuan Media Komik Pada Kelas Iv Sdn 03 Buwaran Jepara. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, UMK.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (748kB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
BAB__I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB__III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (812kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
Dapus_FIX.pdf - Accepted Version

Download (304kB) | Preview
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi beberapa hal yakni peserta didik belum bisa fokus dalam pembelajaran sehingga peserta didik pasif dan bosan. Proses pembelajaran yang monoton dan belum pernah guru menggunakan model-model pembelajaran menjadikan salah satu faktor dari hasil belajar peserta didik yang rendah. Untuk meningkatkan hasil belajar diperlukan strategi pembelajaran yang tepat, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative learning tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS Materi perkembangan teknologi dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD Berbantu media komik pada kelas IV SDN 03 Buwaran Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SDN 03 Buwaran Jepara. Variabel bebas adalah model STAD dan media komik, sedangkan variabel terikat adalah Hasil belajar dan keterampilan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa keterampilan guru pada siklus I mendapat skor rata-rata 40,5 dengan persentase 72,3% dengan kriteria baik dan hasil siklus II mendapat skor rata-rata 46 dengan persentase 82,15% dengan kriteria baik.Aktivitas belajar peserta didik dilihat dari indikator pencapaian juga mengalami peningkatan, yakni pada siklus I memperoleh skor presentase sebesar 65,5% dengan kriteria baik dan siklus II diperoleh skor presentase 70,9% dengan kriteria baik. Hasil Belajar peserta didik meningkat, pada siklus I ketuntasan klaksikal 68,5% dan pada siklus II ketuntasan klaksikal mencapai 81,8% dengan kriteria ketuntasan belajar minimal ≥75. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa dan dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, Saran peneliti hendaknya guru menerapkan pendekatan, metode, model, strategi, dan media pembelajaran yang terbaru dan inovatif sesuai dengan materi pembelajaran sehingga siswa akan berpartisipasi lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Salah satu model yang dapat diterapkan yakni menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media komik.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: Drs. Moh. Kanzunnudin M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Hasil belajar IPS,. Model Pembelajaran cooperative learning tipe Student Teams Achievement Division., Media komik, materi perkembangan teknologi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 12 Feb 2018 02:39
Last Modified: 12 Feb 2018 02:39
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7989

Actions (login required)

View Item View Item