Meningkatkan Disiplin Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Kontrak Perilaku Untuk Siswa Kelas Xii Sma N 1 Mayong 2017

IZZAI, DINNYA (2017) Meningkatkan Disiplin Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Kontrak Perilaku Untuk Siswa Kelas Xii Sma N 1 Mayong 2017. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (cover) - Accepted Version
Download (634kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (245kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (374kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (364kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (242kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (165kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (226kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik kontrak perilaku dalam meningkatkan disiplin belajar sesudah layanan bimbingan kelompok dengan teknik kontrak perilaku pada siswa kelas XI SMA 1 Mayong Tahun Pelajaran 2016/2017, 2. Untuk meningkat disiplin belajar melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik kontrak perilaku pada siswa kelas XI SMA 1 Mayong Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang ada di SMA N 1 Mayong bahwa terdapat bebrapa siswa-siswi kelas XII IPS 1 memiliki tingkat diisplin belajar yang rendah. Rendahnya disiplin belajar siswa disebabkan karena kehadiran di kelas sering absen, ketepatan hadir di kelas tidak tepat waktu, tidak tepat waktu dalam menyelesaikan tugas yang diberikan guru, siswa tidak menyimak pelajaran dengan sungguh-sunguh, siswa tidak memcatat pelajaran saat jam pelajaran. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling, dan peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek yang diteliti adalah kelas XII, sebanyak 8 siswa yang mempunyai masalah disiplin belajar rendah. Penelitian dilakukan 2 kali siklus (siklus I dan siklus II). Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dan setiap satu kali pertemuan membahas satu materi dengan waktu 45 menit. Berdasarkan observasi sebelum tindakan 8 memilki tingkat disiplin belajar sangat kurang/sangat rendah, dengan skor rata-rata 7,12 kategorisangat kurang. Hasil analisis disiplin belajar siswa siklus I diperoleh data 8 siswa memperoleh kategori kurang dengan skor rata-rata 8,25 dengan kategori sangat kurang, ada peningkatan sebanyak 1,13. Sedangkan hasil analisis siklus II diperoleh 8 siswa dengan kategori baik, dengan skor rata-rata 16,5 dengan kategori baik, ada peningkatan sebanyak 8,25 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil data penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa disiplin belajar siswa dapat diringkatkan melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik konrtrak perilaku untuk siswa kelas XII IPS 1 SMA N 1 Mayong. Saran yang diberikan 1. Bagi kepala Sekolah diharapkan dapat memberikan kebijakan yang mendukung pelaksanaan program bimbingan dan konseling. 2. Bagi guru Bk/Konselor diharapkan dapat membantu siswa dalam menghadapi masalah yang berkaitan dengan disiplin belajar siswa. 3. Bagi siswa adanya bimbingan kelompok yang dilakukan peneliti diharapkan siswa dapat terus meningkatkan disiplin belajarnya. 4. Bagi peneliti menyadari masih adanya kekurangan pada bebeapa bagian yang digunakan untuk membantu proses layanan bimbingan kelompok, untuk itu bagi peneliti yang berkenan melanjutkan pengembangan pemberian tindakan dalam upaya meningkatkan disiplin belajar agar lebih selektif dan sempurna untuk diberikan kepada siswa dan sebagai desiminasi penelitian yang lebih luas.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1:Drs.SUNARDI,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Kontrak Perilaku, Kedisiplinan Belajar.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 19 Feb 2018 02:16
Last Modified: 19 Feb 2018 02:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8142

Actions (login required)

View Item View Item