PENINGKATAN KERJASAMA ANGGOTA ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SIMULASI GAME DI SMA 1 BAE KUDUS

KHASANAH, NAVIZATUN (2018) PENINGKATAN KERJASAMA ANGGOTA ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SIMULASI GAME DI SMA 1 BAE KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal. depan) - Accepted Version
Download (478kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (226kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (352kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (381kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (846kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (271kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (212kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (212kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1. Menentukan tindakan-tindakan dalam melakukan kerjasama kepengurusan OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) di SMA 1 Bae Kudus menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi game. 2. Peningkatan kerjasama anggota OSIS SMA 1 Bae Kudus tahun ajaran 2017/2018. Kerjasama OSIS adalah kegiatan belajar siswa dalam berorganisasi secara bersama-sama dengan keinginan yang sama untuk bekerja sama dengan orang lain secara kooperatif yang terdiri dari individu dan memiliki tugas dan peran masing-masing sebagai anggota tim untuk menyelesaikan persoalan-persoalan dan melaksanakan kegiatan agar mencapai tujuan bersama. Kerjasama dalam kepengurusan OSIS sangat dibutuhkan siswa selain melatih pribadi siswa menjadi makhluk sosial, kerjasama dalam kepengurusan OSIS juga dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Untuk meningkatkan kerjasama anggota OSIS peneliti berupaya untuk meningkatkan kerjasama OSIS menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi game. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas Bimbingan dan Konseling. Subjek yang diteliti adalah anggota pengurus OSIS SMA 1 Bae Kudus Tahun Ajaran 2017/2018 sebanyak 10 siswa yang mempunyai pemahaman Kerjasama dalam kepengurusan OSIS sangat rendah. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Setiap terdiri dari dari 3 pertemuan dan setiap satu pertemuan membahas satu materi dengan alokasi waktu 45 menit. Hasil penelitian pra siklus Kerjasama OSIS menunjukkan kategori sangat kurang dengan rata-rata skor 17,7 (35,4%). Siklus I Kerjasama OSIS mengalami mengalami peningkatan dalam kategori cukup (C) dengan rata-rata skor 26,5 (53%) yang berarti mengalami peningkatan rata-rata skor 18% dari pra siklus. Siklus II Kerjasama OSIS dalam kategori sangat baik dengan rata-rata skor 42,2(84,4%) yang berarti ada peningkatan 31%. Peningkatan aktivitas peneliti mengalami peningkatan pada siklus I skor rata-rata 58 dalam kategori cukup (C) dan pada siklus II skor rata-rata 97% dengan kategori sangat baik (SB). Simpulan hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan Kerjasama OSIS dari Pra Siklus skor rata-rata 17,7 kategori sangat kurang, , Siklus I skor rata-rata 26,5 kategori cukup (C) dan pada Siklus II skor rata-rata 42,2 dengan kategori sangat baik (SB). Dengan demikian layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi game efektif untuk meningkatkan kerjasama OSIS. Disarankan kepada: 1. Kepada Guru Pembimbing, agar memberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi game berkaitan dengan Kerjasama kepada siswa secara intensif serta sesuai dengan kebutuhan siswa agar potensi siswa dapat berkembang secara optimal. 2. Kepada Siswa, agar siswa terbantu dalam meningkatkan kerjasama OSIS melalui layanan bimbingan kelompok teknik simulasi game.3. Kepada Peneliti, mampu menyalurkan pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh selama melakukan penelitian dan dapat melakukan penelitian lebih lanjut lagi mengenai kerjasama OSIS.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Arista Kiswantoro, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kerjasama Anggota OSIS, Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Simulasi Game.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 02 May 2018 11:06
Last Modified: 02 May 2018 11:06
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8696

Actions (login required)

View Item View Item