INTERAKSI KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP FAKTORsd–sdFAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus Pada OPD Pemerintah Daerah Kabupaten Pati)

RATNASARI, PUTRI YULISTA (2019) INTERAKSI KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP FAKTORsd–sdFAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus Pada OPD Pemerintah Daerah Kabupaten Pati). Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (403kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (751kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Yang menjadi fokus perhatian dalam pemerintah daerah Kabupaten Pati adalah perbaikan atas masih adanya double catat, kurang catat dan salah catat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi sumber daya manusia, sistem pengendalian intern, penerapan standar akuntansi pemerintah, prinsip pengelolaan keuangan daerah terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah dan pengaruh moderasi komitmen organisasi terhadap hubungan antara kompetensi sumber daya manusia, sistem pengendalian intern, penerapan standar akuntansi pemerintah, prinsip pengelolaan keuangan daerah terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan pengumpulan data primer dalam penelitian ini menggunakan metode survei dengan memberikan kuesioner kepada responden yang terpilih menjadi sampel. Populasi dalam penelitian ini adalah Kasubbag Keuangan dan bendahara pada Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) Dinas Kabupaten Pati, yang seluruhnya berjumlah 45 OPD. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah analisis regresi interaksi atau Moderated Regression Analysis (MRA) yang diolah dengan bantuan software SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompetensi sumber daya manusia, sistem pengendalian intern, penerapan standar akuntansi pemerintah, prinsip pengelolaan keuangan daerah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah, komitmen organisasi memoderasi hubungan antara kompetensi sumber daya manusia, sistem pengendalian intern, penerapan standar akuntansi pemerintah terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah, komitmen organisasi mampu memoderasi tetapi memperlemah hubungan antara prinsip pengelolaan keuangan daerah terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 : Aprilia Whetyningtyas, SE, M.Si NIDN : 0607048403 Pembimbing 2 : Dennyca Hendriyanto N, SE, M.Si NIDN : 0631127402
Kata Kunci: Kompetensi sumber daya manusia, sistem pengendalian intern, penerapan standar akuntansi pemerintah, prinsip pengelolaan keuangan daerah, komitmen organisasi, kualitas laporan keuangan.
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Perdagangan. Perniagaan > Akuntansi. Perbukuan.
Ilmu-ilmu Sosial > Keuangan Publik
Ilmu-ilmu Sosial > Keuangan Publik > Akuntansi publik. Audit
Program Studi: Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Jul 2019 02:59
Last Modified: 20 Jul 2019 02:59
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/10500

Actions (login required)

View Item View Item