Peningkatan Hasil Belajar pkn Melalui Penerapan Model Project Based Learning Kelas V SD 07 Klumpit

NISWAH, KHOIRIN (2019) Peningkatan Hasil Belajar pkn Melalui Penerapan Model Project Based Learning Kelas V SD 07 Klumpit. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of HAL. JUDUL]
Preview
PDF (HAL. JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Accepted Version

Download (618kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
PDF (BAB 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] PDF (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] PDF (BAB 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] PDF (BAB 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] PDF (BAB 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] PDF (BAB 6)
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitianinibertujuanmeningkatkan keterampilan guru, dan hasilbelajarsiswapadamatapelajaranPKnmateriMemahami Pentingnya Negara Kesatuan Republik Indonesia dengancaramenerapkan model pembelajaranProject Based Learning.Model Project Based Learningmerupakan model pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai media, guru menugaskan siswa untuk melakukan exsplorasi, interpretasi, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar. Penelitian tindakan kelas ini telah dilaksanakan di kelas V SD 07 Klumpit dengan subjek penelitian 21 siswa, penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaantindakan, pelaksanaandanpengamatan, refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Project Based Learningsedangkan variabel terikatadalahhasilbelajarsiswa kelas V matapelajaran PKn. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dokumentasi. Data yang telah diperoleh dari tindakan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dari persentase 80,17% menjadi 84,91%. hasil belajar pada ranah kognitif juga meningkat dilihat dari peningkatan pada siklus I ke siklus II yaitu dari 70,47% menjadi 74,76%.Pada ranah afektif juga meningkat dilihat dari siklus I ke siklus II yaitu dari 61,02%menjadi 81,13%, ranah psikomotorik juga meningkat dilihat dari peningkatan pada siklus I ke siklus II yaitu dari 54,09%menjadi 80,55%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 07 Klumpit dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learningdapat meningkatkan keterampilan guru, dan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, psikomotorik pada pelajaran PKn materi memahami pentingnya kesatuan negara indonesiakelas V SD 07 Klumpit. Saran dalam penelitian ini,guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga dapat merangsang siswa agar tidak mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran khususnya mata pelajaran PKn

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 : Dr. Murtono, M.Pd NIDN : 0007126601 Pembimbing 2 : Santoso, S.Pd., M.Pd NIDN : 0608038502
Kata Kunci: Hasil Belajar, Project Based Learning, Materi Memahami Pentingnya Negara Kesatuan Republik Indonesia
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 10 Aug 2019 02:32
Last Modified: 10 Aug 2019 02:32
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/10993

Actions (login required)

View Item View Item