NISWAH, KHOIRIN (2019) Peningkatan Hasil Belajar pkn Melalui Penerapan Model Project Based Learning Kelas V SD 07 Klumpit. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (HAL. JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Accepted Version Download (618kB) | Preview |
Preview |
PDF (BAB 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (225kB) | Preview |
PDF (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (384kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (485kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (208kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 6)
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (196kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (139kB) | Preview |
PDF (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitianinibertujuanmeningkatkan keterampilan guru, dan hasilbelajarsiswapadamatapelajaranPKnmateriMemahami Pentingnya Negara Kesatuan Republik Indonesia dengancaramenerapkan model pembelajaranProject Based Learning.Model Project Based Learningmerupakan model pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai media, guru menugaskan siswa untuk melakukan exsplorasi, interpretasi, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar. Penelitian tindakan kelas ini telah dilaksanakan di kelas V SD 07 Klumpit dengan subjek penelitian 21 siswa, penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaantindakan, pelaksanaandanpengamatan, refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Project Based Learningsedangkan variabel terikatadalahhasilbelajarsiswa kelas V matapelajaran PKn. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dokumentasi. Data yang telah diperoleh dari tindakan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dari persentase 80,17% menjadi 84,91%. hasil belajar pada ranah kognitif juga meningkat dilihat dari peningkatan pada siklus I ke siklus II yaitu dari 70,47% menjadi 74,76%.Pada ranah afektif juga meningkat dilihat dari siklus I ke siklus II yaitu dari 61,02%menjadi 81,13%, ranah psikomotorik juga meningkat dilihat dari peningkatan pada siklus I ke siklus II yaitu dari 54,09%menjadi 80,55%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 07 Klumpit dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learningdapat meningkatkan keterampilan guru, dan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, psikomotorik pada pelajaran PKn materi memahami pentingnya kesatuan negara indonesiakelas V SD 07 Klumpit. Saran dalam penelitian ini,guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga dapat merangsang siswa agar tidak mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran khususnya mata pelajaran PKn
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 : Dr. Murtono, M.Pd NIDN : 0007126601 Pembimbing 2 : Santoso, S.Pd., M.Pd NIDN : 0608038502 |
Kata Kunci: | Hasil Belajar, Project Based Learning, Materi Memahami Pentingnya Negara Kesatuan Republik Indonesia |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 10 Aug 2019 02:32 |
Last Modified: | 10 Aug 2019 02:32 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/10993 |
Actions (login required)
View Item |