Amalia, Farikhatul (2019) Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan model inkuiri berbantuan media pop-up book pada tema 5 pahlawanku muatan ips dan bahasa indonesia di kelas iv Sd 1 bulungcangkring. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version Download (502kB) | Preview |
Preview |
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (226kB) | Preview |
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (344kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (505kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (187kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (253kB) | Preview |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam penerapan model inkuiri berbantuan media pop-up book padaTema 5 Pahlawanku Muatan IPS dan Bahasa Indonesia di Kelas IV SD; (2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dalam penerapan model inkuiri berbantuan media pop-up book padaTema 5 Pahlawanku Muatan IPS dan Bahasa Indonesia di Kelas IV SD; (3) menemukan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada Tema 5 Pahlawanku muatan IPS dan Bahasa Indonesia di Kelas IV SD dengan model inkuiri berbantuan media pop-up book. Kemampuan berpikir kritis merupakan hasil yang dicapai siswa sebagai bukti keberhasilan proses belajar mengajar. Inkuiri adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir kritis dan analisis untuk mencari dan menemukan jawaban dari suatu masalah.Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah (1) penerapan model inkuiri berbantuan media pop-up book dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengajarkan muatan IPS dan Bahasa Indonesia pada Tema 5 Pahlawanku kelas IV di SD 1 Bulungcangkring; (2) penerapan model inkuiri berbantuan media pop-up book dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada muatan IPS dan Bahasa Indonesia pada Tema 5 Pahlawanku kelas IV di SD 1 Bulungcangkring; (3) penerapan model inkuiri berbantuan media pop-up book dapat meningkatkan kemampuan bepikir kritis siswa pada muatan IPS dan Bahasa Indonesia pada Tema 5 Pahlawanku kelas IV di SD 1 Bulungcangkring. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 1 Bulungcangkring dengan subjek penelitian 31 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdapat tiga pertemuan dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model inkuiri, variabel atribut adalah media pop-up book. Sedangkan variabel terikat adalah kemampuan berpikir kritis tema 5 pahlawanku muatan IPS dan Bahasa Indonesia. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran dengan model inkuiri berbantuan media pop-up book pada siklus I memperoleh persentase 64,75% dengan kriteria “Sedang” dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 82,5% dengan kriteria “Tinggi”. Aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh persentase 40% dengan kriteria “Rendah” dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90% dengan kriteria “Sangat Tinggi”. Kemampuan berpikir kritis siswa muatan IPS pada siklus I memperoleh persentase 68% dengan kriteria “Sedang”, dan pada siklus II mengalami peningkatan persentase menjadi 87% dengan kriteria “Sangat Tinggi”. Sedangkan, kemampuan berpikir kritis siswa muatan Bahasa Indonesia pada siklus I memperoleh persentase 51% dengan kriteria “Sedang”, dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 87% dengan kriteria “Sangat Tinggi”. Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model inkuiri berbantuan media pop-up book dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan kemampuan berpikir kritis siswa pada Tema 5 muatan IPS dan Bahasa Indonesia kelas IV SD 1 Bulungcangkring. Saran dalam penelitian ini yakni guru hendaknya menerapkan model inkuiri berbantuan media pop-up book dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 : Dr. Murtono, M.Pd NIDN : 0007126601 Pembimbing 2 : Muhammad Noor Ahsin, S.Pd., M.Pd NIDN : 0605048701 |
Kata Kunci: | Model Inkuiri, Kemampuan Berpikir Kritis, Media Pop-Up Book. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 20 Aug 2019 02:21 |
Last Modified: | 20 Aug 2019 02:21 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11156 |
Actions (login required)
View Item |