Angraini, Naelly Kartika Ayu (2019) Peningkatan hasil belajar pkn melalui penerapan Model pembelajaran picture and picture Berbantuan media gambar pada siswa Kelas v sd negeri 02 terban. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (287kB) | Preview |
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (479kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (513kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (280kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (236kB) | Preview |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (17MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan cara penerapan model pembelajaran Picture and Picture berbantuan media gambar. Hasil belajar merupakan pencapaian yang diperoleh siswa sebagai tolak ukur tingkat keberhasilan siswa dalam belajar yang diperoleh melalui proses kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Model Picture and Picture memiliki ciri aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah Model Picture and Picture berbantuan media media gambar dapat meningkatkan hasil belajar bagi peserta didik kelas V SD 02 Terban. Penelitian Tindakan Kelas ini akan dilaksanakan di kelas V SD Negeri 02 Terban dengan subjek penelitian 22 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran Picture and Picture berbantuan media gambar sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar PKn. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh 76,73% kriteria baik dan siklus II memperoleh 84,49% kriteria sangat baik. Hasil aktivitas belajar siklus I ketuntasan klasikal 61,37% kriteria cukup aktif dan siklus II memperoleh 81,82% kriteria aktif. hasil belajar PKn siswa siklus I memperoleh persentase 75,23% kriteria baik dan siklus II meningkat 77,09% kriteria baik. Pada hasil belajar afektif siklus I perolehan persentase 59,01% kategori cukup baik dan siklus II memperoleh persentase 81,82% kategori sangat baik. Dan pada hasil belajar psikomotorik siklus I perolehan 61,37% kategori baik dan siklus II yaitu 84,09% kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Picture and Picture berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi V SD 2 Terban kudus. Saran yang dapat di sampaikan adalah siswa harapkan giat dan semangat dalam mengikuti pelajaran dengan baik, dan pada pihak sekolah sebaiknya memberikan dukungan dan kesempatan kepada guru untuk mengadakan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru dalam menguasai model pembelajaran inovatif sehingga pelajaran PKn dapat dilaksanakan dengan menyenangkan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 : Deka Setiawan, M.Pd NIDN : 0617088403 Pembimbing 2 :Ika Ari Pratiwi, M.Pd. NIDN : 0607018801 |
Kata Kunci: | Picture and Picture, Gambar, Hasil belajar, PKn |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 20 Aug 2019 03:07 |
Last Modified: | 20 Aug 2019 03:07 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11179 |
Actions (login required)
View Item |