JULIARTO, FRANDIKA FAJAR (2019) Penerapan model teams games tournament berbantuan media ular tangga engklek terhadap peningkatan hasil belajar siswa tema 5 subtema keseimbangan ekosistem kelas v sdn widorokandang. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version Download (678kB) | Preview |
Preview |
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (342kB) | Preview |
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (523kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (929kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (380kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (212kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (212kB) | Preview |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN .pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (13MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media ular tangga engklek dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa dan keterampilan mengajar guru pada muatan IPS dan Bahasa Indonesia kelas V SDN Widorokandang. Hasil belajar merupakan pencapaian akhir dari proses belajar mengajar. Teams Games Tournament merupakan model pembelajaran yang menekankan aktivitas siswa dalam bentuk belajar dan bermain melalui turnamen. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penggunaan model Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan guru kelas V SDN Widorokandang. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas V SDN Widorokandang Pati dengan subjek penelitian 20 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Teams Games Tournament berbantuan media ular tangga engklek. Sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar dan keterampilan guru. Instrumen penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil belajar aspek pengetahuan siswa muatan IPS meningngkat cukup signifikan antara siklus I (60%) dan siklus II (80%). Muatan Bahasa Indonesia dengan kekuntasan pada siklus I sebesar (65%) dan siklus II (80%). Peningkatan hasil belajar aspek keterampilan siswa muatan IPS pada siklus I 65% (baik) menjadi 80% (baik) siklus II. Muatan Bahasa Indonesia siklus I 55% (cukup baik) menjadi 80% (baik). Keterampilan guru juga mengalami peningkatan pada siklus I 79,5% (baik) mmenjadi 92,5% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan pada kelas V SDN Widorokandang dapat disimpulkan bahwa penerapan model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media ular tangga engklek dapat meningkatan hasil belajar siswa dan keterampilan guru pada tema 5 subtema keseimbangan ekosistem. Peneliti memberikan saran agar model Teams Games Tournament (TGT) dapat diterapkan dalam pembelajaran dan dikembangkan dengan penggunaan alat peraga sesuai dengan materi sehingga siswa dengan mudah menyerap materi.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 : Ika Oktavianti, S.Pd., M. Pd NIDN : 0631108401 Pembimbing 2 : Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd NIDN : 0619128801 |
Kata Kunci: | Teams Games Tournament, Media Ular Tangga Engklek, Subtema Keseimbangan Ekosistem |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 21 Aug 2019 03:18 |
Last Modified: | 21 Aug 2019 03:18 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11221 |
Actions (login required)
View Item |