Peningkatan pemanfaatan teknologi informasi secara positif melalui layanan bimbingan kelompok teknik simulasi pada siswa sma n 1 gebog kudus

PUTRA, DWI RENGGA ARDLIKA (2018) Peningkatan pemanfaatan teknologi informasi secara positif melalui layanan bimbingan kelompok teknik simulasi pada siswa sma n 1 gebog kudus. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
COVER.pdf - Accepted Version

Download (584kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendiskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi dapat meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi secara positif siswa kelas XII IPS 4 SMA N 1 Gebog Kudus, 2. Diperoleh meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi secara positif terhadap siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi pada kelas XII IPS 4 SMA N 1 Gebog Kudus. Pemanfaatan teknologi informasi secara positif merupakan pemahaman yang harus dimiliki setiap siswa dalam mengahadapi era digital khusunya pendidikan maupun di era yang akan datang dalam dunia pendidikan , siswa yang memanfaatkan teknologi infomasi secara positif akan mudah dalam melakukan segala hal khususnya pendidikan di sekolah . Layanan bimbingan kelompok adalah layanan kelompok dengan membahas suatu topik melalui dinamika kelompok. Teknik simulasi adalah suatu permainan yang dilakukan dengan bertujuan untuk mempermudah anak dalam menerima dan memahami materi secara menarik, sehingga anak dapat mengenal dirinya sendiri serta mampu memperankan dirinya dengan lingkungan sekitarnya. Penelitian ini didesain dengan menggunakan penelitian tindakan kelas bimbingan dan konseling PTBK dengan subjek penelitian adalah 8 siswa kelas XII IPS 4 SMA N 1 Gebog Kudus yang terdiri dari 2 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki yang memiliki permasalahan penyalahgunaan gadget. Variabel penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dan teknik simulasi game (Variabel Bebas) dan penyalahgunaan teknologi informasi (Variabel Terikat). Analisis data dengan menggunakan data kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan 2 siklus yang terdiri dari siklus I (3 pertemuan) dan siklus II (3 pertemuan) setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan. Metode pengumpulan data berupa metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pra siklus menunjukan dari 8 subjek mendapatkan jumlah 185. Rata-rata skor 18 dengan persentase 36% dengan kategori sangat kurang. Siklus I diperoleh peningkatan dalam meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi secara positif pada siswa kelas XII IPS 4 SMA N 1 Gebog Kudus dapat diketahui pada pertemuan I mendapatkan jumlah rata-rata 24 dengan persentase 48% kategori kurang, pada pertemuan II terjadi peningkatan skor 26 dengan persentase 52% kategori cukup, pada pertemuan III terjadi peningkatan skor rata-rata 27 dengan persentase 54% kategori cukup. Siklus II dapat diperoleh pada pertemuan I memperoleh skor rata-rata 29 dengan persentase 58% dengan kategori cukup. Pada pertemuan II dapat diperoleh skor rata-rata 32 dengan persentase 64% kategori cukup. Pada pertemuan II dapat diperoleh skor rata-rata 35 dengan persentase 70% kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan bimbingan dan konseling dapat disimpulkan bahwa penggunaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi untuk meningkatkan teknologi informasi secara positif pada siswa kelas XII IPS 4 SMA N 1 Gebog Kudus, menunjukan hasil yang sudah mencapai keberhasilan sesuai dengan harapan peneliti. Simpulan penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi untuk meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi secara positif pada siswa kelas XII IPS 4 SMA N 1 Gebog Kudus, pada pra siklus memperoleh skor rata-rata 18 dengan persentase 36% kategori sangat kurang mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata rata skor 35 dengan persentase 70% kategori baik meningkat 17 skor dapat diterima. Saran diberikan kepada: 1) Bagi kepala sekolah mengenai sarana prasarana yang mendukung bagi pelaksana penelitian khusunya untuk izin penelitian untuk bisa di permudah . 2) Bagi siswa yaitu agar dapat meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi secara positif setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi. 3) Bagi guru bidang studi agar senantiasa memperhatikan siswa dengan seksama. 4) Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mengadakan penelitian lebih lanjut yang lebih kreatif dan inovatif, yang berkaitan dengan pemanfaatan teknologi informasi secara positif pada siswa kelas XII IPS 4 dengan layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi. 5) Bagi Kolabolator sekolah khususnya, untuk memberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi yang tepat agar sesuai dengan kebutuhan siswa agar dapat mengembangkan potensi sehingga siswa dapat mencpai hasil yang optimal.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 : Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Kons Pembimbing 2 : Indah Lestari, S.Pd.,M.Pd., Kons
Kata Kunci: Pemanfaatan Teknologi Informasi secara Positif, Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Simulasi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Aug 2019 04:08
Last Modified: 21 Aug 2019 04:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11237

Actions (login required)

View Item View Item