Meningkatkan tanggung jawab belajar melalui layanan penguasaan konten dengan teknik role playing pada siswa kelas xii ips 3 sma 1 gebog kudus

GUMULYO, ANGGUN DEWI (2018) Meningkatkan tanggung jawab belajar melalui layanan penguasaan konten dengan teknik role playing pada siswa kelas xii ips 3 sma 1 gebog kudus. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (625kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (643kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tanggung jawab belajar adalah perilaku seorang siswa untuk menjalankan tugas dan kewajibannya serta mampu menanggung segala konsekuensi atas segala perbuatan yang dilakukannya.Untuk mewujudkan pemahaman siswa terhadap tanggung jawab belajar peneliti berupaya untuk meningkatkan tanggung jawab belajar pada siswa melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Role Playing.Masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Role Playing dapat Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Pada Siswa Kelas XII IPS 3 SMA 1 Gebog Kudus? Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan pelaksanaan Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Role Playing dalam meningkatkan tanggung jawab belajar pada siswa, 2. Diperoleh peningkatan tanggung jawab belajar pada siswa kelas XII IPS 3 SMA 1 Gebog Kudus melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Role Playing. Mengetahui efektifitas Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Role Playing pada siswa kelas XII IPS 3 SMA 1 Gebog Kudus. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling.Subjek yang diteliti adalah siswa kelas XII IPS 3, sebanyak 39 siswa yang tanggung jawab dalam belajarnya rendah.Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II).Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dan setiap satu pertemuan membahas satu materi dengan alokasi waktu 45 menit. Hasil penelitian pra siklus Tanggung Jawab Belajar pada siswa menunjukkan kategori kurang dengan rata-rata skor 20,3. Siklus I Tanggung Jawab Belajar pada siswa mengalami peningkatan walaupun masih dalam kategori kurang dengan rata-rata skor 25 yang berarti mengalami peningkatan rata-rata skor 4,7 dari pra siklus. Siklus II Tanggung Jawab Belajar pada siswa dalam kategori baik dengan rata-rata skor 36 yang berarti ada peningkatan 72%.Peningkatan aktifitas siswa dalam Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Role Playing mengalami peningkatan pada siklus I skor rata-rata 25 dalam kategori Kurang dan pada siklus II skor rata-rata 36 dalam kategori Baik. Simpulan hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan Tanggung Jawab Belajar mulai dari Pra siklus skor rata-rata 20,3 karegori Kurang, Siklus I skor rata-rata 25 dalam kategori Kurang dan Siklus II skor rata-rata 36 dalam kategori Baik. Hasil penelitian aktifitas siswa pada Siklus I skor rata-rata 25 (Kurang) dan pada Siklus II skor rata-rata 36 (Baik).Dengan demikian Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Role Playing efektif untuk meningkatkan Tanggung Jawab Belajar pada siswa. Disarankan kepada: 1. Kepada Kepala Sekolah, penelitan ini dapat dijadikan pijakan dalam pembinaan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. 2. Kepada Guru Bimbingan dan Konseling, agar dapat dijadikan pedoman untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa melalui layanan penguasaan konten dengan teknik role playing. 3. Kepada Siswa, agar dapat meningkatkan tanggung jawab belajar dan tercapainya prestasi yang diinginkan

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 : Drs. Arista Kiswantoro, M.Pd NIDN : 0611116401 Pembimbing 2 : Indah Lestari, S.Pd., M.Pd. Kons NIDN : 0610118701
Kata Kunci: Tanggung Jawab Belajar. Layanan Penguasaan Konten Teknik Role Playing
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Aug 2019 03:57
Last Modified: 26 Aug 2019 03:57
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11279

Actions (login required)

View Item View Item