Meningkatkan kesiapan prakerin melalui layanan bimbingan kelompok teknik live model pada siswa kelas xi perbankan syariah smk tamansiswa kudus

ABSOR, MUHAMMAD ULIL (2019) Meningkatkan kesiapan prakerin melalui layanan bimbingan kelompok teknik live model pada siswa kelas xi perbankan syariah smk tamansiswa kudus. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (339kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini sebagai berikut: 1. Mendeskripsikan penerapan layanan bimbingan kelompok teknik modeling dalam meningkatkan kesiapan Prakerin pada siswa kelas XI Perbankan Syariah SMK Tamansiswa Kudus tahun pelajaran 2017/2018. 2. Mendeskripsikan peningkatan kesiapan Prakerin pada siswa Kelas XI Perbankan Syariah SMK Tamansiswa Kudus tahun pelajaran 2017/2018 setelah penerapan layanan bimbingan kelompok teknik modeling. Kesiapan siswa dalam Prakerin ditandai dengan siswa tidak merasa cemas dan panik dalam melaksanakan kegiatan prakerin. Selalu siap dalam menghadapi tantangan dan permasalahan di Prakerin, mampu menyelesaikan masalah yang muncul di tempat Prakerin. Tidak mudah menyerah ketika menjumpai permasalahan di tempat Prakerin. Untuk meningkatkan kesiapan dalam Prakerin peneliti menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik modeling. Layanan bimbingan kelompok teknik modeling dilakukan dalam empat tahapan; Pembentukan, Peralihan, Kegiatan, Pengakhiran. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan bimbingan konseling. Subjek yang diteliti sebanyak 7 siswa kelas XI Perbankan Syariah SMK Tamansiswa Kudus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah teknik mixedmethod dengan menggabungkan analisis data kuantitatif dengan diperkuat dengan data kualitatif agar diperoleh simpulan penelitian yang lebih kuat. Hasil penelitian diawali dengan periode pra siklus, hasil pengamatan pada pra siklus diketahui kesiapan Prakerin siswa sebesar 9,57 (38%) kategori (Kurang). Pada siklus I kesiapan Prakein diketahui pada pertemuan pertama sebesar 11,15 (46%) kategori (Kurang), pertemuan kedua sebesar 13,29 (53%) kategori (Cukup), pertemuan ketiga sebesar 14,86 (59%) kategori (Cukup). Siklus II pertemuan pertama kesiapan Prakerin sebesar 16,229 (65%) kategori (Cukup), pertemuan kedua sebesar 17,43 (70%) kategori (Baik), pertemuan ketiga sebesar 19,29 (77%) kategori (Baik). Dari hasil uraian hasil penelitian dan pembahasan peneliti menyimpulkan pelaksanaan penelitian ini sebagai berikut. 1. Kemampuan peneliti dalam menerapkan layanan bimbingan kelompok teknik live model untuk meningkatkan kesiapan Prakerin pada siswa kelas XI Perbankan Syariah SMK Tamansiswa Kudus mengalami peningkatan. Pada siklus I peneliti memperoleh skor 54 (54%) kategori (Cukup), di siklus II kemampuan peneliti meningkat dan memperoleh skor 74 (74%) kategori (Baik). 2. Kesiapan Prakerin pada siswa kelas XI Perbankan Syariah SMK Tamansiswa Kudus diketahui meningkat. Pada siklus I diketahui kesiapan Prakerin mendapatkan skor rerata 14,86 (59%) kategori (Cukup). Pada siklus II meningkat sehingga memperoleh skor rerata 19,29 (77%) kategori (Baik). Saran yang disampaikan peneliti dalam penelitian ini sebagai berikut: 1. Kepala Sekolah: Kepala sekolah hendaknya membekali ilmu-ilmu dasar yang banyak diaplikasikan di dunia industri melalui kegiatan belajar dan mengajar yang efektif sehingga pada saat siswa melaksanakan kegiatan prakerin, siswa tidak banyak menghadapi kendala yang berhubungan dengan materi akademis dan memperbanyak frekuensi bimbingan dan konseling untuk membantu mempersiapkan mental siswa sebelum terjun ke Dunia Usaha dan Dunia Industri. 2. Guru Bimbingan dan Konseling: Guru bimbingan dan konseling hendaknya ikut andil dalam kegiatan matrikulasi atau pembekalan kepada siswa sebelum terjun langsung ke dunia usaha dan dunia industri. Sehingga siswa memiliki kesiapan yang baik. 3. Kepala Kompetensi Keahlian Perbankan Syariah: Kepala kompetensi keahlian perbankan syariah hendaknya memberikan program pelatihan keterampilan kepada siswa melalui kegiatan PBM sesuai dengan bidang keahliannya dan tuntutan dunia kerja. 4. Siswa: Siswa hendaknya mencari dan memiliki informasi tempat Prakerin yang akan dituju dan memiliki informasi pekerjaan yang akan dilakukan di tempat kerja melalui kegiatan diskusi dengan panitia Prakerin dan kakak kelas. 5. Penelitian Selanjutnya: Penelitian selanjutnya hendaknya memperhatikan jenis layanan yang dapat digunakan pada lingkup subjek yang lebih luas, seperti layanan klasikal ataupun lintas kelas. Sehingga efisiensi pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling untuk mempersiapkan siswa menghadapi prakerin dapat dirasakan oleh semua siswa

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 : Drs. Sucipto, M.Pd., Kons NIDN : 0629086302 Pembimbing 2 : Drs. Masturi, MM NIDN : 0614055701
Kata Kunci: Kesiapan Prakerin, Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Modeling
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Aug 2019 03:20
Last Modified: 27 Aug 2019 03:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11330

Actions (login required)

View Item View Item