WIDYATMOKO, HERWIN (2019) Pengembangan game puzzle edukasi berbasis kearifan lokal bermedia flash untuk penanaman karakter pada anak sd. Master thesis, UMK.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (574kB) | Preview |
Preview |
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (239kB) | Preview |
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (323kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (462kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (623kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (112kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (311kB) | Preview |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Game Puzzle bermedia Flash pada tema 4 Kewajiban dan Hakku untuk siswa SD kelas III, dan mendeskripsikan hasil uji efektivitas Game Puzzle bermedia Flash pada tema 4 Kewajiban dan Hakku untuk siswa SD kelas III. Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Penelitian ini terdiri dari tujuh langkah, yaitu: 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) revisi desain; 6) uji coba produk, 7) revisi produk. Data pada penelitian ini adalah data tentang kebutuhan media game puzzle edukasi, prototipe dari media game puzzle edukasi dan efektivitas dari media game puzzle edukasi. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah siswa dan guru kelas III SD N Pulorejo 01, SD N Winong 01, SD N Kebolampang sebagai SD kelompok eksperimen dan SD N Sumbermulyo 01, SD N Kropak 02, SD N Godo 03 sebagai SD kelompok kontrol di Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Hasil prototipe media game puzzle adalah seperangkat media yang berisi game puzzle menggunakan aplikasi flash, game puzzle manual, dan buku petunjuk game puzzle. Hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa media game puzzle efektif, yang ditunjukkan dengan hasil uji t. Hasil dari uji t pada kelompok eksperimen dan kontrol yaitu 9,052. Data dari uji t menunjukkan bahwa t hitung > t tabel, yaitu 9,052 > 1,657 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uji t tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media game puzzle di kelas III efektif dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 : Dr. Murtono, M. Pd NIDN : 0007126601 Pembimbing 2 : Dr. Suad, M.Pd NIDN : 0601085902 |
Kata Kunci: | Pengembangan Game Puzzle Edukasi, Flash |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 31 Aug 2019 03:25 |
Last Modified: | 31 Aug 2019 03:25 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11373 |
Actions (login required)
View Item |