Pengembangan game puzzle edukasi berbasis kearifan lokal bermedia flash untuk penanaman karakter pada anak sd

WIDYATMOKO, HERWIN (2019) Pengembangan game puzzle edukasi berbasis kearifan lokal bermedia flash untuk penanaman karakter pada anak sd. Master thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (574kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (623kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Game Puzzle bermedia Flash pada tema 4 Kewajiban dan Hakku untuk siswa SD kelas III, dan mendeskripsikan hasil uji efektivitas Game Puzzle bermedia Flash pada tema 4 Kewajiban dan Hakku untuk siswa SD kelas III. Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Penelitian ini terdiri dari tujuh langkah, yaitu: 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) revisi desain; 6) uji coba produk, 7) revisi produk. Data pada penelitian ini adalah data tentang kebutuhan media game puzzle edukasi, prototipe dari media game puzzle edukasi dan efektivitas dari media game puzzle edukasi. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah siswa dan guru kelas III SD N Pulorejo 01, SD N Winong 01, SD N Kebolampang sebagai SD kelompok eksperimen dan SD N Sumbermulyo 01, SD N Kropak 02, SD N Godo 03 sebagai SD kelompok kontrol di Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Hasil prototipe media game puzzle adalah seperangkat media yang berisi game puzzle menggunakan aplikasi flash, game puzzle manual, dan buku petunjuk game puzzle. Hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa media game puzzle efektif, yang ditunjukkan dengan hasil uji t. Hasil dari uji t pada kelompok eksperimen dan kontrol yaitu 9,052. Data dari uji t menunjukkan bahwa t hitung > t tabel, yaitu 9,052 > 1,657 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uji t tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media game puzzle di kelas III efektif dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 : Dr. Murtono, M. Pd NIDN : 0007126601 Pembimbing 2 : Dr. Suad, M.Pd NIDN : 0601085902
Kata Kunci: Pengembangan Game Puzzle Edukasi, Flash
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 31 Aug 2019 03:25
Last Modified: 31 Aug 2019 03:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11373

Actions (login required)

View Item View Item