SAFITRI, HANIK (2019) Pengelolaan full day school untuk meningkatkan karakter siswa sdit luqman al hakim kudus. Master thesis, UMK.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (929kB) | Preview |
Preview |
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (577kB) | Preview |
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (764kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (476kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (813kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (749kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (456kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (613kB) | Preview |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan Penelitian ini adalah untuk melihat secara nyata pelaksanaan pengelolaan full day school untuk meningkatkan karakter siswa SDIT Luqman Al Hakim Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi partisipatif.wawancara mendalam, dokumentasi serta trianggulasi. Metode analisis yang digunakan metode yang dikembangkan Miles and Hiuberman dengan tiga langkah meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Fokus penelitian ini adalah pengelolaan dari full day school serta pendidikan karakter. Adapun lokasi penelitian adalah SDIT Luqman Al Hakim Kudus. Dari hasil analisis data akhirnya dapat diperoleh temuan-temuan yaitu:Pertama pengelolaan full day school untuk meningkatkan karakter siswa SDIT Luqman Al Hakim Kudus yaitu : perencanaan pembelajaran full day school yang disesuaikan dengan kurikulum yang dianut di SDIT Luqman Al Hakim Kudus yaitu kurikulum pemerintah , muatan lokal sekolah dan diniyah Hidayatullah dan penyusunan berupa mengembangkan silabus serta RPP yang bermuatan tauhid yang memuat nilai-nilai karakter serta pengintegrasian pengembangan kurikulum disetiap mata pelajaran, penyusunan kalender akademik supaya waktu pembelajaran yang diterima oleh peserta didik penuh.program pengembangan diri dan budaya sekolah.Pelaksanaan pembelajaran full day school dalam membentuk karakter siswa terdiri atas kegiatan pembiasaan, keteladanan, kegiatan nasionalisme serta patriotisme dan kegiatan kreativitas siswa, membangun komunikasi dan kerjasama dengan wali murid lewat Parenting pertemuan rutin POMG dan bimbingan konseling untuk orang tua dan siswa.Terjalinnya hubungan yang baik antara guru dan siswa dengan tidak adanya ruang guru supaya guru bisa mengawasi dan mengontrol semua kegiatan siswa,mengintegrasikan nilai karakter ke dalam pelajaran sesuai standar proses serta penilaian yang ada disekolah, pengembangan diri siswa lewat kegiatan ektrakurikuler, pelaksanaan budaya sekolah dengan kegiatan rutin sekolah serta keteladanan guru. Evaluasi pembelajaran full day school secara umum di SDIT Luqman Al Hakim Kudus dilakukan secara bertahap meliputi evaluasi harian,evaluasi awal semester serta akhir semester. Evaluasi pada pendidikan karakter lebih banyak dilakukan dengan tehnik observasi, wawancara, kuisener yang dibagikan kepada wali siswa serta pemeriksaan dokumen siswa. Sedangkan alat evaluasi yang menjadi unggulan di SDIT Luqman Al Hakim Kudus yaitu rubrik yang diberikan pada wali siswa, yang kemudian dari pihak sekolah bekerjasama dengan orangtua dalam melakukan penilaian perkembangan karakter peserta didik dirumah seperti pengontrolan dalam salat lima waktu dan salat malam dengan mengisi buku mutabaah.Adapun aspek dari karakter siswa dinilai dalam pengembangan diri dan pembiasaan yaitu kedisplinan, tanggung jawab, kebersihan , kerapian,kerjasama, kemandirian, jujur, dalam pembelajaran full day school untuk meningkatkan karakter siswa di SDIT Luqman Al Hakim Kudus dengan memaksimalkan faktor dari pendukung pembelajaran dikelas yaitu adanya guru yang profesional,adanya sarana serta prasarana yang sangat memadai,alat dan media pembelajaran serta minat belajar siswa yang tinggi, disamping itu juga guru diharapkan harus terus meningkatkan pengetahuan baik umum atau agama, ketrampilan yang cukup saat mengajar serta melaksanakan pembelajaran yang aktif,kreatif, efektif, efisien supaya tujuan pembelajaran bisa tercapai
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 : Dr.Sri Utaminingsih.M.Pd NIDN : 0607036901 Pembimbing 2 : Dr. A Hilal Madjdi.M.Pd NIDN : 0600307610 |
Kata Kunci: | Pengelolaan, Fullday School, Karakter siswa |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 31 Aug 2019 03:31 |
Last Modified: | 31 Aug 2019 03:31 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11374 |
Actions (login required)
View Item |