Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model problem based learning berbantuan media kotak kehidupan pada tema 6 cita-citaku kelas iv sd 1 barongan kudus

AMALIA, SYARIFA RAHMA (2019) Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model problem based learning berbantuan media kotak kehidupan pada tema 6 cita-citaku kelas iv sd 1 barongan kudus. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (521kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (605kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning terhadap peningkatan keterampilan guru dalam mengajar, aktivitas belajar siswa, dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian dikhususkan pada Tema 6 Cita-citakumuatan Bahasa Indonesia dan IPA, subtema 2 pembelajaran 1 dan 2, serta subtema 3 pembelajaran 1 dan 2. Model Problem Based Learning merupakan model pembelajaran dengan menyajikan pertanyaan atau keadaan berbasis masalah, untuk mengasah kemampuan berpikir kritis siswa. Berpikir kritis adalah berpikir secara divergen dengan tolak ukur memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, menyimpulkan, memberikan penjelasan lanjut, dan mengatur strategi dan taktik. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media kotak kehidupan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD 1 Barongan Kudus. Penelitian tindakan kelas ini telah dilaksanakan di kelas IV SD 1 Barongan Kudus dengan subjek penelitian 41 siswa. Penelitian ini telah berlangsung dalam dua siklus.Variabel bebas dalam penelitian ini ialah model Problem Based Learning dan kotak kehidupan, sedangkan variabel terikatnya ialah kemampuan berpikir kritis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Keterampilan guru meningkat dari siklus I mendapatkan nilai 78,7 menjadi 89,1 pada siklus II, aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I mendapatkan nilai 78,8 menjadi 88,6 pada siklus II, dan kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dari siklus Imendapat nilai rata-rata klasikal 73,2 menjadi 86,8 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan pada kelas IV SD 1 Barongan, disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dapat meningkat melalui model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media kotak kehidupan pada tema cita-citaku kelas IV SD 1 Barongan Kudus. Oleh karena itu, disarankan dalam menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media kotak kehidupan guru lebih inovatif sehingga sehingga siswa lebih bersemangat dan aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 : Fina Fakhriyah, S.Pd, M.Pd Pembimbing 2 : Sekar Dwi Ardianti, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: Problem Based Learning, Kotak Kehidupan, Berpikir Kritis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 02 Sep 2019 01:53
Last Modified: 02 Sep 2019 01:53
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11392

Actions (login required)

View Item View Item