Pengaruh model core berbantuan audio visual etnomatematika (ave) terhadap kemampuan koneksi matematis dan keterampilan kinerja proses siswa kelas iv

AGUSTIN, AIDA KHUSNA (2019) Pengaruh model core berbantuan audio visual etnomatematika (ave) terhadap kemampuan koneksi matematis dan keterampilan kinerja proses siswa kelas iv. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan koneksi matematis dan kurangnya keterampilan kinerja proses saat pembelajaran matematika di SD 2 Demaan Kudus. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untukmenguji perbedaan rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model CORE berbantuan media AVE, (2) untuk menguji perbedaan rata-rata keterampilan kinerja proses siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model CORE berbantuan media AVE, (3) untuk menguji pengaruh keterampilan kinerja proses terhadap kemampuan koneksi matematis siswa, dan (4) untuk menguji pencapaian KKM pada kemampuan koneksi matematis dan keterampilan kinerja proses siswa yang diajarkan dengan model CORE berbantuan media AVE. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pre experimental dengan the one group pretest posttest designdandilaksanakan di kelas IV SD 2 Demaan. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model CORE berbantuan media AVE, sedangkan variabel terikat adalah kemampuan koneksi matematis dan keterampilan kinerja proses siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 2 Demaan yang juga merupakan sampel dalam penelitian ini. Teknik pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh yang termasuk dalam teknik sampling non probability sampling. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis berupa uraian untuk mengukur kemampuan koneksi matematis dan lembar observasi digunakan untuk mengamati keterampilan kinerja proses.Analisis data menggunakan uji beda rata-rata dengan paired sample t test, uji regresi linear sederhana, dan uji ketuntasan belajar dengan one sample t test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model CORE berbantuan media AVE, (2) terdapat perbedaan rata-rata keterampilan kinerja proses siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model CORE berbantuan media AVE, (3) keterampilan kinerja proses siswa berpengaruh positif sebesar 73,5% terhadap kemampuan koneksi matematis siswa, sedangkan sisanya 26,5% ditentukan oleh faktor lain, dan (4) hasil tes kemampuan koneksi matematis dan keterampilan kinerja proses siswa dengan model CORE berbantuan media AVE dapat mencapai KKM 68. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model CORE berbantuan media AVE terhadap kemampuan koneksi matematis dan keterampilan kinerja proses siswa kelas IV SD 2 Demaan. Saran dalam penelitian ini agar penelitian lebih lanjut mengembangkan media penelitian ini menjadi media audio visual interaktif sehingga siswa lebih terlibat aktif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 : Yuni Ratnasari, S.Si., M.Pd NIDN : 0603068401 Pembimbing 2 : Ratri Rahayu, S.Pd., M.Pd NIDN : 0618019001
Kata Kunci: Audio Visual, Etnomatematika,Kemampuan Koneksi Matematis,Keterampilan Kinerja Proses, Model CORE.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 02 Sep 2019 02:34
Last Modified: 02 Sep 2019 02:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11414

Actions (login required)

View Item View Item