Peningkatan sikap solidaritas dalam kelompok belajar melalui bimbingan kelompok teknik sosiodrama

ARTIKA, MELI (2019) Peningkatan sikap solidaritas dalam kelompok belajar melalui bimbingan kelompok teknik sosiodrama. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (668kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan dalam penelitian tindakan kelas bimbingan dan konseling ini sebagai berikut: 1. Mendeskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan sikap solidaritas dalam kelompok belajar, 2. Mendeskripkan peningkatan sikap solidaritas dalam kelompok belajar melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Sikap solidaritas merupakan suatu sikap yang dimiliki oleh manusia dalam kaitannya dengan ungkapan perasaan manusia atas rasa senasib dan sepenanggungan. Layanan bimbingan kelompok adalah kegiatan berupa penyampaian informasi yang dilaksanakan secara berkelompok guna untuk membantu siswa dalam memperoleh informasi dan mengatasi permasalahan yang dihadapi. Sosiodrama merupakan dramatisasi dari persoalan-persoalan yang timbul dalam pergaulan sosial. Hipotesis Penelitian: 1. Layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan sikap solidaritas dalam kelompok belajar. 2. Sikap solidaritas dalam kelompok belajar dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama.Jenis Penelitian yang digunakan adalah PTK-BK dan dilaksanakan dalam dua siklus. Siswa yang menjadi subjek penelitian kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Rembang Tahun Pelajaran 2018/2019 yang mengalami masalah kurangnya sikap solidaritas dalam kelompok belajar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data induks. Hasil penelitian pra siklus dalam meningkatkan sikap solidaritas dalam kelompok belajar diperoleh persentase 49% masuk dalam kategori kurang. Setelah diberikan layanan bimbingan kelompok siklus I diperoleh hasil 63,44% masuk dalam kategori baik dan mengalami peningkatan 14,44% dari pra siklus. Siklus II memperoleh hasil persentase 83,48% masuk dalam kategori sangat baik dan mengalami peningkatan 20,04%. Berdasarkan hasil siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan sikap solidaritas dalam kelompok belajar pada siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Rembang Tahun Pelajaran 2018/2019. Simpulan hasil penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat efektif untuk meningkatkan sikap solidaritas dalam kelompok belajar pada siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Rembang Tahun Pelajaran 2018/2019. Disarankan kepada: 1. Kepada siswa, diharapkan secara sadar mengetahui pentingnya memiliki sikap solidaritas terhadap orang lain dengan menunjukkan sikap saling peduli dan tolong menolong dengan sesama. 2. Kepada Konselor atau Guru BK, diharapkan dapat melaksanakan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama lanjutan untuk meningkatkan sikap solidaritas dalam kelompok belajar. 3. Kepala Sekolah, untuk dapat memberikan sarana dan prasana yang mendukung dalam kegiatan bimbingan dan konseling. 4. Kepada peneliti, diharapkan peneliti dapat menjadikan penelitian ini sebagai acuan atau referensi untuk mengembangkan dan melanjutkan penelitian layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama untuk meningkatkan sikap solidaritas dalam kelompok belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 : Drs. Masturi, MM Pembimbing 2 : Edris Zamroni, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: Sikap solidaritas dalam kelompok belajar, Layanan Bimbingan Kelompok dan Sosiodrama.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Oct 2019 06:34
Last Modified: 05 Oct 2019 06:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11663

Actions (login required)

View Item View Item