Perlindungan hukum terhadap anak korban kekerasan dalam rumah tangga (suatu tinjauan atas putusan pengadilan negeri pati nomor 222/pid.sus/2016/pn pti)

DARNANTO, DIDIK DWI (2019) Perlindungan hukum terhadap anak korban kekerasan dalam rumah tangga (suatu tinjauan atas putusan pengadilan negeri pati nomor 222/pid.sus/2016/pn pti). Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of hal. judul]
Preview
PDF (hal. judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview

Abstrak

Skripsi yang berjudul “PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (Suatu Tinjauan atas Putusan Pengadilan Negeri Pati Nomor 222/Pid.Sus/2016/PN Pti) ini secara umum bertujuan untuk mengetahui perlindungan apakah Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga telah cukup memberikan jaminan perlindungan hukum terhadap anak korban tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif. Dalam hal teknik pengumpulan data dengan mengumpulkan bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Setelah data terkumpul, maka disusun secara sistematis dan selanjutnya dianalisis secara kualitatif, sehingga diperoleh kejelasan mengenai permasalahan yang dibahas dan selanjutnya disusun sebagai skripsi yang bersifat ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bentuk perlindungan yang dilakukan oleh 4 (empat) penegak hukum adalah : menyediakan seorang psikolog dalam berbagai kasus KDRT , sering terjadi si korban mendapatkan tekanan batin yang dapat terganggu jiwanya atas perlakuan dari terdakwa; mempunyai rumah aman (shelter) yang berada di tiap daerah; Kejaksaanhanya meneruskanperlindungandari kepolisian yangberperan sebagai penyidikyaitu memberikan keamanan saat korban dansaksi bersedia datang ke kejaksaan untukdimintai keterangannya;Memberikan rasa aman kepada korban; Penetapan pengadilan dikeluarkan dalam bentuk perintah perlindungan yang diberikan selama 1(satu) tahun dan dapat diperpanjang dan memberikan perlindungan tambahan atas pertimbangan bahaya yang mungkin timbul terhadap korban dan Pengadilan juga dapat memberikan perlindungan tambahan atas pertimbangan bahaya yang mungkin timbul terhadap korban. Implementasi perlindungan anak korban dalam kasus yang diteliti di Pengadilan Negeri Pati : Persepsi yang berbeda antara penegak hukum yaknimenyangkutpemahaman tentang bentuk-bentuk kekerasan dan elemen-elemennya,cakupan rumah tangga, peran dan kualifikasi pendamping korban, peranpemerintah.Ancaman hukuman yang terlalu ringan, Saksi kurang 2 (dua) orang,Saksi pemalsuketerangan, Saksi dari keluarga sendiri.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: dosen pembimbing 1 Dr. Hidayatullah, S.H., M.Hum. dosen pembimbing 2 Suyoto, S.H., M.H.
Kata Kunci: Perlindungan hukum, Kekerasan dalam rumah tangga, anak korban,
Subjects: Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Hukum perdata internasional. Konflik hukum > Orang. Individu > Hubungan rumah tangga. Hukum keluarga
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Hukum perdata > Orang. Individu > Hubungan rumah tangga. Hukum keluarga
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 01 Aug 2020 05:33
Last Modified: 01 Aug 2020 05:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12414

Actions (login required)

View Item View Item