Keterampilan menyimak dongeng berbasis media audio visual untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak tuna grahita di slb cendono

RISWANTO, WAHYU (2019) Keterampilan menyimak dongeng berbasis media audio visual untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak tuna grahita di slb cendono. Master thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (357kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan mendengarkan dongeng berdasarkan media audio visual untuk meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak-anak cacat mental di SLB Cendono.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik deskriptif kualitatif.Penelitian ini bertujuan untuk menemukan metode yang tepat dalam mengajarkan keterampilan mengajar media audio visual berbasis dongeng, terutama pada siswa kelas empat SLB Negeri Cendono. Penelitian tindakan kelas ini dimaksudkan agar guru dan peneliti mengetahui kelemahan dalam pengajaran bahasa Indonesia khususnya pengajaran kosakata, yang nantinya hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi guru, peneliti dan siswa dalam proses belajar mengajar. Kelas akan melibatkan hal-hal seperti berikut ini: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini akan dilakukan dalam tiga siklus. Dalam setiap siklus ada 4 langkah: perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Populasi penelitian adalah siswa Kelas I-VI. SLB Negeri Cendono dengan 115 siswa yang terdiri dari 6 kelas. guru dan peneliti akan membahas bagaimana menggunakan metode yang tepat untuk pengajaran yang efektif dan efisien. Siswa akan menjadi responden untuk menguji metode pengajaran kosa kata melalui cerpen. Teknik dan instrumen pengumpulan data adalah observasi dalam bentuk checklist, untuk mengamati semua aspek yang terjadi dalam pembelajaran kelas. Tes adalah tes objektif yang akan diuji pada siswa. Instrumen terakhir adalah wawancara yang akan dilakukan pada guru dan siswa dengan menggunakan pedoman wawancara semi-terstruktur. Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, tes dan wawancara untuk dianalisis menggunakan persentase skor rata-rata untuk menemukan kekurangan dalam penerapan metode pengajaran. Data yang diperoleh akan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa SLB Cendono. melalui pemahaman cerita pendek dengan pengajaran yang efisien dan efektif untuk menciptakan kelas yang harmonis dan menyenangkan dengan menggunakan tindakan siklus yang akan diterapkan dalam pengajaran bahasa Indonesia, terutama pengajaran kosa kata.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. A Hilal Madjdi, M. Pd Pembimbing 2 Dr. Su'ad, M.Pd
Kata Kunci: Meningkatkan Kemampuan Motorik Baik pada Anak Kecil
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Sep 2020 02:01
Last Modified: 08 Sep 2020 02:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12599

Actions (login required)

View Item View Item