Penerapan model contextual teaching and learning Disertai mediagambaruntuk meningkatkan pemahaman konsep pada tema organ Gerak hewan dan manusia Kelas v sd 3 peganjaran

WIJAYA, SATRIA SAKTI (2019) Penerapan model contextual teaching and learning Disertai mediagambaruntuk meningkatkan pemahaman konsep pada tema organ Gerak hewan dan manusia Kelas v sd 3 peganjaran. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
Halaman Depan.pdf - Accepted Version

Download (15MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (27MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (104MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dan mendiskripsikan penerapan media gambar untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik muatan Bahasa Indonesia dan IPA Pada Tema Organ Gerak Hewan Dan Tumbuhan Kelas V SD 3 Peganjaran. Pemahaman konsep peserta didik merupakan proses dimana peserta didik menerimadan memahami konsep dalam pembelajaran secara keseluruhan. Model contextual teaching and learning adalah model pembelajaran yang memungkinkan siswa menghubungkan isi mata pelajaran dengan konteks kehidupan sehari-hari. Media gambar adalah benda yang sebenarnya, benda/media yang membantu pengalaman nyata peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD 3 Peganjaran dengan subjek penelitian 21 peserta didik. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus dengan dua pertemuan di setiap siklusnya yang terdiri empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model contextual teaching andlearning berbantuan media gambar. Sedangkan variabel terikat adalah pemahaman konsep. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh meliputi data pemahaman konsep, pengamatan aktivitas peserta didik, dan keterampilan mengajar guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan nilai rata-rata keterampilan guru dalam mengajar pada siklus I sebesar 67,7 dengan kategori kurang dan siklus II menjadi 87,09 dengan kategori baik. Pemahaman konsep peserta didik meningkat dari 57,1% dengan kategori perlu bimbinganpada siklus I menjadi 90,5%dengan kategori baik pada siklus II. Aktivitas belajar peserta didik pada siklus I sebesar 74,14%dengan kategori perlu bimbingan meningkat menjadi 81,02%dengan kategori baik pada siklus II Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 3 Peganjaran dapat disimpulkan bahwa melalui pengunaan model contextual teaching and learning berbantuan media gambar dapat meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran IPA dan Bahasa Indonesia serta keterampilan guru pada tema 1 di kelas V SD 3 Peganjaran. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik sehingga dapat merangsang peserta didik agar tidak mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran khususnya mata pelajaran IPA dan Bahasa Indonesia.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Media gambar, Pemahaman Konsep, SD 3 Peganjaran.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Sep 2020 03:04
Last Modified: 12 Sep 2020 03:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12624

Actions (login required)

View Item View Item