Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik berbasis etnomatematika terhadap kemampuan komunikasi matematis pokok bahasan kubus dan balok siswa kelas v sekolah dasar

NOORYANTI, SUCI (2019) Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik berbasis etnomatematika terhadap kemampuan komunikasi matematis pokok bahasan kubus dan balok siswa kelas v sekolah dasar. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
HAL. JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (42kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan menerapkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik berbasis etnomatematika, (2) mengetahuiketuntasan belajar kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik berbasis etnomatematika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian true eksperimental designmenggunakan bentukPosttest Only Control.. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Siswa kelas V di SD 5 Jepang sebagi kelas eksperimen dengan jumlah 40 siswa dan SD 1 Gulang sebagai kelas kontrol dengan 34 siswa.Teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data awal meliputi uji normalitas, uji homogenitas serta uji kesamaan rata-rata. Sedangkan analisis data akhir meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan rata-rata dan uji ketuntasan belajar Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan menerapkan pendekaqtan Pendidikan Matematika Realistik berbasis etnomatematika sebesar 82,35 lebih besar daripada rata-rata kemampuan komunikasi matematis dengan pengajaran konvensional sebesar 77,12. Uji perbedaan rata-rata kemampuan komunikasi matematis diperoleh nilai t_hitung=3,57>t_tabel=1,99. Ketuntasan belajar mencapai ketuntasan individu dengan t_hitung=6,84>t_tabel=2,02maka H_0 diterima, sehingga rata-rata nilai tes komunikasi matematis siswa yang memperoleh Pendidikan Metamatika Realistik berbasis etnomatematika mendapat >75 mencapai ketuntasan minimal (KKM). Ketuntasan klasikal mencapai >75% dari kelas sampel dengan Z_hitung=2,19 ≥Z_tabel=1,65.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd Pembimbing 2 Henry Suryo Bintoro., S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: Pendidikan Matematika Realistik, Etnomatematika,Kemampuan Komunikasi Matematik dan Bangun Ruang Kubus dan Balok
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Sep 2020 04:59
Last Modified: 14 Sep 2020 04:59
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12629

Actions (login required)

View Item View Item