Mu’afiah, Siti (2019) Penerapan model course review horay berbantuan media permainan utake untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas v sd negeri pesagi 02 pada tema benda-benda di sekitar kita. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (Hal Depan)
Halaman Judul.pdf - Accepted Version Download (908kB) | Preview |
Preview |
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (340kB) | Preview |
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (626kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (717kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (315kB) | Preview |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (19MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dengan menerapkan model Course Review Horay berbantuan media permainan UTAKE dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada muatan IPS dan bahasa Indonesia tema benda-benda di sekitar kita kelas V SD Negeri Pesagi 02. Hasil belajar merupakan suatu kompetensi atau kemampuan siswa dalam bentuk pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dapat dikuasai setelah mengikuti proses pembelajaran.. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Course Review Horay berbantuan media permainan UTAKE dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema benda-benda di sekitar kita. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas V SD Negeri Pesagi 02 dengan subjek penelitian 26 siswa dan berlangsung selama dua siklus. disetiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Course Review Horay berbantuan media permainan UTAKE, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ditemukan adanya peningkatan pada keterampilan mengajar guru dari siklus I rata-rata 78 kategori baik, pada siklus II meningkat menjadi 82 kategori sangat baik. Sedangkan hasil belajar siswa ranah pengetahuan muatan IPS siklus I memperolehrata-rata 68 dengan ketuntasan 65%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 75 dengan ketuntasan 81%. Ketuntasan klasikal muatan bahasa Indonesia pada siklus I memperoleh rata-rata 66 dengan ketuntasan 73% dan meningkat pada siklus II menjadi 80 dengan ketuntasan 81%. Hasil belajar ranah keterampilan muatan IPS mendapatkan rata-rata 71 pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 88. Rata-rata kelas muatan bahasa Indonesia pada siklus I mencapai 80 kemudian pada siklus II meningkat menjadi 94. Hasil ini membuktikan bahwa penerapan model Course Review Horay berbatuan media permainan UTAKE dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan IPS dan bahasa Indonesia Tema benda-benda di sekitar kita kelas V SD Negeri Pesagi 02.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Ika Oktavianti, S.Pd, M.Pd Pembimbing 2 Mila Roysa, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Model Course Review Horay, Media Permainan UTAKE, Hasil Belajar. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 15 Sep 2020 04:55 |
Last Modified: | 15 Sep 2020 04:55 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12640 |
Actions (login required)
View Item |