MARPUAH, DITA SRI (2019) Penerapan model examplenon example berbantuanmedia flashcard untuk meningkatkan hasilbelajar siswa tema 8 daerah tempat tinggalku kelas iv sdn lumbungmas 02. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (Hal Depan)
HAL. JUDUL.pdf - Accepted Version Download (630kB) | Preview |
Preview |
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (358kB) | Preview |
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (292kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (528kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (195kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (116kB) | Preview |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru dengan menerapkan model pembelajaran Example Non Exampledan menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada Tema 8Daerah Tempat Tinggalku Subtema 1Lingkungan Tempat Tinggalku dan subtema 2Keunikan Tempat Tinggalku mata pelajaranIPS dan Bahasa Indonesia kelas IV SDN Lumbungmas 02. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan sebanyak siklus tahap-tahap Penelitian Tindakan Kelas ini yaitu (I) Perencanaan, (2) tindakan,(3) observasi, (4) releksi. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan pada kelas IV sejumlah 13 siswa di SDN Lumbungmas 02. Metode pengumpulan data menggunakan data wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Sedangkan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunakan model Example Non Example dapat meningkatkan keterampilan guru ,dan hasil belajar IPS dan Bahasa Indonesia. Hasil belajar siswa pada prasiklus pada mata pelajaran IPS sebanyak 31% dengan kategori ( Kurang) sedangkan mata mata pelajaran Bahasa Indonesia sebanyak 46% dengan kategori (Kurang). Pada siklus I pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebanyak 69% dengan kategori (Kurang) sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80% dengan kategori ( Baik) sedangkan pada mata pelajaran IPS Siklus I 77% dengan kategori ( Cukup) sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 85% dengan kategori ( Baik) Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini yang dilakukan pada kelas IV SDN Lumbungmas 02 dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Example Non Example materi ekoonomi, jenis-jenis pekerjaan, dan tokoh cerita fiksi dapat meningkatkat keterampilan guru mengolah pembelajaran, hasil belajar pengetahhuan, dan hasil belajar keterampilan siswa pada mata pelajaran IPS dan Bahasa Indonesia. Saran dalam penelitian ini, siswa sebaiknya lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran dikelas. Bagi guru hendaknya menggunakan pembelajaran yang lebih inovatif supaya bisa merangsang siswa agar semangat belajar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Erik Aditia Ismaya, S.Pd.,M.A Pembimbing 2 Ristiyani, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Model Example Non Example, Hasil Belajar IPS dan Bahasa Indonesia. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 15 Sep 2020 05:04 |
Last Modified: | 15 Sep 2020 05:04 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12641 |
Actions (login required)
View Item |