Penerapan model diskursus multy reprecentasyberbantuan papan berpaku untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis Materi kedudukan dua garis

RUSADI, MOCH. IRWAN (2019) Penerapan model diskursus multy reprecentasyberbantuan papan berpaku untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis Materi kedudukan dua garis. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (697kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (18MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Latar belakang penelitian ini didasari pada rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Alternatif yang digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan menggunakan model Diskursus Multy Reprecentacy berbantuan papan berpaku. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui perbedaan rata-rata, peningkatan kemampuan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, danpeningkatan keterampilan proses siswa. Model Diskursus Multy Reprecentacyadalah suatu model pembelajaran yang orientasi pembelajarannya pada pembentukan, penggunaan, dan pemanfaatan dengan pengaturan kelas dan menggunakan representasi dengan bekerja secara kelompok. Kemampuan berpikir kreatif matematis merupakan kemampuan yang dapat menciptakan sesuatu atau ide-ide yang baru dari suatu permasalahan. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif Eksperimen yaitu pre-experimental dengan menggunakan one group pretest postest design. Populasi dalam penelitian ini di SDN Jambangan pada kelas IV. Sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Diskursus Multy Reprecentacydan variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kreatif matematis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam menguji perbedaan rata-rata dengan paired sample t-test, uji peningkatan menggunakan N-gain, dan keterampilan proses dengan lembar obervasi. Hasil peneitian memberikan hasil (1) terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sebelum dan sesudah menggunakan model Diskursus Multy Reprecentacy berbantuan papan berpaku, (2) terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sebelum dan sesudah menggunakan model Diskursus Multy Reprecentacy berbantuan papan berpaku, (3) peningkatan keterampilan proses siswa setelah menggunakan model Diskursus Multy Reprecentacy berbantuan papan berpaku. Hendaknya guru dalam penelitian ini dapat mengembangkan model Diskursus Multy Reprecentacy berbantuan papan berpaku dengan materi kedudukan dua garis sehingga mampu membangkitkan siswa aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Savitri Wanabuliandari, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Jayanti Putri Purwaningrum, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Model Diskursus Multy Reprecentacy, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Media Papan Berpaku, Kedudukan Dua Garis.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Psikologi pendidikan
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Sep 2020 05:23
Last Modified: 15 Sep 2020 05:23
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12643

Actions (login required)

View Item View Item