RUSADI, MOCH. IRWAN (2019) Penerapan model diskursus multy reprecentasyberbantuan papan berpaku untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis Materi kedudukan dua garis. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (202kB) | Preview |
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (353kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (395kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (697kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (109kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (191kB) | Preview |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (18MB) | Request a copy |
Abstrak
Latar belakang penelitian ini didasari pada rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Alternatif yang digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan menggunakan model Diskursus Multy Reprecentacy berbantuan papan berpaku. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui perbedaan rata-rata, peningkatan kemampuan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, danpeningkatan keterampilan proses siswa. Model Diskursus Multy Reprecentacyadalah suatu model pembelajaran yang orientasi pembelajarannya pada pembentukan, penggunaan, dan pemanfaatan dengan pengaturan kelas dan menggunakan representasi dengan bekerja secara kelompok. Kemampuan berpikir kreatif matematis merupakan kemampuan yang dapat menciptakan sesuatu atau ide-ide yang baru dari suatu permasalahan. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif Eksperimen yaitu pre-experimental dengan menggunakan one group pretest postest design. Populasi dalam penelitian ini di SDN Jambangan pada kelas IV. Sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Diskursus Multy Reprecentacydan variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kreatif matematis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam menguji perbedaan rata-rata dengan paired sample t-test, uji peningkatan menggunakan N-gain, dan keterampilan proses dengan lembar obervasi. Hasil peneitian memberikan hasil (1) terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sebelum dan sesudah menggunakan model Diskursus Multy Reprecentacy berbantuan papan berpaku, (2) terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sebelum dan sesudah menggunakan model Diskursus Multy Reprecentacy berbantuan papan berpaku, (3) peningkatan keterampilan proses siswa setelah menggunakan model Diskursus Multy Reprecentacy berbantuan papan berpaku. Hendaknya guru dalam penelitian ini dapat mengembangkan model Diskursus Multy Reprecentacy berbantuan papan berpaku dengan materi kedudukan dua garis sehingga mampu membangkitkan siswa aktif dalam pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Savitri Wanabuliandari, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Jayanti Putri Purwaningrum, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Model Diskursus Multy Reprecentacy, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Media Papan Berpaku, Kedudukan Dua Garis. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Psikologi pendidikan Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 15 Sep 2020 05:23 |
Last Modified: | 15 Sep 2020 05:23 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12643 |
Actions (login required)
View Item |